GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Indikator Pendukung Penilaian Status Gizi Balita


Ditengah-tengah kesibukan merampungkan tugas akhir, saya tetap berusaha berbagi informasi dengan teman-teman, khususnya para penggiat gizi. Informasi berikut mungkin bukan barang baru, akan tetapi saya memiliki pikiran postif bahwa masih ada beberapa teman-teman kita di luar sana yang mungkin membutuhkan informasi ini.

Tulisan ini saya dedikasikan buat saudara-saudara yang saat ini sedang menyiapkan sebuah penelitian, dimana salah satu indikator yang akan diukur adalah status gizi, khusunya balita.

Saat anda akan mengukur status gizi balita, sebaiknya anda jangan melupakan 3 (tiga) hal yang memiliki peranĀ  sangat penting dalam pertumbuhan (status gizi) optimal seorang anak, yaitu asupan gizi, lingkungan dan pelayanan kesehatan yang optimal.

  1. Indikator yang bisa anda gunakan untuk asupan gizi yang optimal ialah praktek pemberian ASI dan MP-ASI yang tepat, kedua indikator tersebut sudah kami jelaskan pada tulisan sebelumnya (klik disini).
  2. Pada kondisi lingkungan yang optimal anda bisa menggunakan indikator bebas dari kontaminasi mikrobiologi yang merugikan (anda bisa menggunakan indikator The five keys to safer food dari WHO) serta lingkungan bebas rokok.
  3. Sedangkan untuk pelayanan kesehatan yang optimal, indikator yang bisa anda gunakan adalah pemberian imunisasi serta pemeriksaan kesehatan anak secara rutin (penimbangan rutin di posyandu salah satu bagian dari indikator ini).

Ketiga indikator tersebut di atas sangat penting untuk anda ukur dalam mendukung pengambilan kesimpulan terhadap hasil akhir dari pengukuran status gizi yang anda teliti. Sebagai contoh, jika anda memiliki kesimpulan bahwa sebagian besar status gizi anak di wilayah penelitian anda adalah buruk atau kurang, anda tidak boleh serta merta mengatakan bahwa hal tersebut disebabkan oleh asupan yang rendah, tanpa melihat kedua indikator lainnya seperti lingkungan dan pelayanan kesehatan.

Semoga bermanfaat, jika anda memiliki pandangan berbeda, ruang diskusi tetap terbuka, silahkan tinggalkan komentar, Salam Gizi

About these ads

2 comments on “Indikator Pendukung Penilaian Status Gizi Balita

  1. Helen
    2 December 2011

    Thank you for sharing. Not to many people in your position are so gracious. Your article was very poignant and understandable. It helped me to understand very clearly. Thank you for your help.

  2. Prada Outlet
    14 December 2011

    Hey, baby! I agree with the idea, perhaps our peers, this is a consensus! I want to use this article, believe that you will agree to me!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 1 December 2011 by in Balita, Gizi Daur and tagged .
%d bloggers like this: