GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Bijak membaca sebuah artikel


Baru-baru ini Detik Health mempublikasikan tulisan dengan judul “Anak yang Kurang Tidur Lebih Cepat Gemuk” (http://www.detikhealth.com/read/2011/08/08/110246/1698698/764/anak-yang-kurang-tidur-lebih-cepat-gemuk?l991101755), “Anak-anak yang kurang tidur lebih cenderung kelebihan berat badan, dengan nilai lemak tubuh yang tinggi, bahkan setelah penyesuaian untuk variabel gaya hidup,”.

Catatan saya adalah jangan hanya membaca judul dari sebuah tulisan, akan lebih bijak jika anda membaca tuntas berita yang di sajikan agar tidak terjadi kesalahan persepsi.

Jika anda membaca tuntas tulisan tersebut, tidur bukanlah faktor utama anak menjadi gemuk akan tetapi peluang anak yang kurang tidur untuk ngemil makanan lebih besar dari anak yg cukup tidur, serta adanya pengaruh hormonal.

“Tidak cukup tidur mempengaruhi tingkat dua hormon, yaitu hormon leptin dan ghrelin, yang terlibat dalam mengendalikan nafsu makan. Kurang tidur menurunkan kadar leptin dan meningkatkan tingkat ghrelin. Rendahnya tingkat leptin akan memberitahu otak untuk makan lebih banyak, sedangkan tingkat ghrelin yang tinggi juga melakukan hal yang sama”.

Bukan berati jika anda menginginkan anak anda cepat gemuk, lalu serta merta anda mengurangi jatah tidur anak anda, sebuah tindakan yang irrasional. yang harus di pahami adalah, pada prinsipnya, penyebab utama kegemukan ada 2, asupan makanan yang berlebih dan aktifitas fisik yang rendah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 8 August 2011 by in ARTIKEL, Diary and tagged , , , , , .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: