GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

MARI DUKUNG IBU UNTUK MEMBERIKAN AIR SUSU IBU (ASI) SAJA SAMPAI ANAK UMUR 6 BULAN


oleh : manjilala
Pada tahap awal tumbuh kembang anak, ASI sangat penting,karena semua kebutuhan bayi bisa terpenuhi hanya dengan ASI saja sampai umur 6 bulan,mulai dari antibody alamiah lewat colostrum yang bisa mencegah bayi terseraang penyakit sampai dengan kebutuhan gizinya yang sesuai dengan pertumbuhannya, sehinhgga tambahan dari makanan lain selain ASI sampai anak umur 6 bulan tidak dibutuhkan.

Pesan ini sangat penting karena jumlah ibu yang memberikan ASI kepada anak sampi umur 6 bulan masih sangat, hingga tahun 2010, hanya ekitar 30%-40% ibu-ibu di Indonesia memberikan ASI saja sampai anak umur 6 bulan, sedangkan menurut data laporan “The State of Breastfeeding in 33 Countries, 2010” yang diterbitkan oleh International Baby Food Action Network (IBFAN), Indonesia menempati urutan ke-30 dibawah Mozambique, Bangladesh dan Afghanistan.

Rendahnya cakupan pemberian ASI ini salha satu factor disebabkan oleh rendahnya dukungan dari lingkungan rumah tangga, social dan tempat kerja ibu-ibu yang menyusui. Karenanya dukungan semua pihak,mulai dari suami,mertua, orang tua, tetangga, atasan dan orang-orang yang ada disekitar ibu menyusui sangat diharapkan, untuk menciptakan generasi yang kuat dan cerdas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 10 August 2011 by in ARTIKEL, Balita, Gizi Daur.

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: