GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Memahami pemberian ASI dan MP-ASI


ASI saja tanpa makanan atau minuman, diberikan kepada bayi sesaat saat lahir sampai si anak berumur 6 bulan. Setelah 6 bulan karena kebutuhan gizi anak sudah mulai meningkat, maka pemberian ASI harus di dukung dengan pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) yang tepat, bukan Makanan Pengganti ASI.

Kebutuhan energi anak umur 6-8 bulan, sebnayak 2/3 dipenuhi oleh ASI dan 1/3 dari MP-ASI. Anak umur 9-11 bulan, 1/2 dipenuhi oleh ASI dan sisanya dari MP-ASI dan anak umur 12-24 bulan, 1/3 dipenuhi oleh dan 2/3 dari MP-ASI.

Frekuensi pemberian MP-ASI untuk anak usia 6-8 bulan ialah 2-3 kali dan usia 9 bulan ke atas 3-4 kali dengan 1-2 kali pemberian snack dalam sehari.

Pemberian MP-ASI diberikan secara bertahap kepada anak, pemberian secara bertahap bertujuan untuk menyesuaikan dengan organ pencernaan anak yang belum sempurna.  Tahapan pemberian MP-ASI pada anak sebagai berikut :

Anak  umur 6-8 bulan diberikan makanan saring, makanan ini bisa dibuat oleh ibu sendiri dengan cara : memblender nasi+sayuran+lauk hewani+lauk nabati lalu disaring dan untuk selingan bisa memberikan buah-buah , seperti pisang, papaya, apel yang diblender, dll.

Anak umur 9-11 bulan  diberikan makanan lunak seperti bubur nasi biasa yang ditambahkan sayuran dan lauk, bahkan beberapa ahli membagi menjadi 2 tahapan pada kelompok umur ini, yaitu umur 9-10 diberikan makanan lunak seperti bubur nasi dan umur 11-12 bulan diberikan makanan semi padat seperti nasi tim.

Anak umur 12 bulan dan setrusnya sudah bisa diberikan makanan keluarga, makanan keluarga adalah makanan yang sama di konsumsi dalam keluarga tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 10 August 2011 by in Balita, Gizi Daur and tagged , , , , , , .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: