GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Bijak menggunakan HP


Handphone (HP) atau mobile phone, saat ini bukan lagi barang yang mahal yang hanya bisa dimiliki oleh orang-orang berduit, bahkan laporan terakhir menyebutkan bahwa sampai anak SD pun memiliki HP.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana seorang PENGGIAT GIZI memanfaatkan HP sebagai media untuk menunjang pekerjaannya serta menyebarkan kebaikan?. Secara umum penggunaan HP bisa di kategorikan menjadi 3 bagian, yaitu :

  1. Alat untuk berkomunikasi melalui voice call dan atau SMS
  2. Alat untuk main game
  3. Alat untuk mengakses media sosial seperti facebook, twitter, dll

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh penggiat gizi:

  1. Setiap akhir SMS sebaiknya di akhiri dengan kata ” Salam sehat” atau “Salam Gizi” atau “Salam KADARZI” atau “salam ASI” atau kata-kata bijak lainnya. Tujuannya adalah agar kita selalu aware terhadap persoalan-persoalan gizi, semakin sering kita mendengar, maka harapannya adalah kepedulian dan semangat kita untuk berbuat semakin meningkat.
  2. Jangan lupa kirimkan SMS atau MENELPON ke KADER POSYANDU atau ke IBU DESA/KETUA PKK DESA 1 (satu) hari sebelum penimbangan balita, untuk mengingatkan mereka agar mempersiapkan segala sesuatunya termasuk mengundang masyarakat untuk datang ke posyandu, sehingga penimbangan berjalan dengan lancar. Tujuannya adalah kader posyandu bisa lebih bersemangat karena merasa diperhatikan. Aktivitas ini secara sepintas memang sepele tetapi jika anda melakukan secara rutin, dampaknhya luar biasa.
  3. Bagi anda facebooker atau twitt mania, jangan lupa mengupdate status pengalaman yang anda dapatkan di lapangan. Misalnya, “koq tidak naik2 sih BB-nya nihh anak” atau ” ini nih anak sehat, tiap bulan BB-nya naik” atau “gitu dong bunda, anaknya dikasi ASI” atau “kayanya ibu ini harus dikonseling, koq ngasi SUFOR sih” atau “sudah 1 minggu sy tidak makan buah, minggu ini harus makan buah” dan pengalaman-pengalaman lainnya. Tujuannya adalah teman-teman anda di Facebook atau Twitter bisa merasakan seperti apa situasi yang anda hadapi dan jika anda mengalami kesulitan mereka bisa menwarkan solusi atau siap membantu.

Masih banyak yang bisa kita lakukan dengan HP yang ada di tangan kita, hal itu berpulang ke personal masing-masing, sebijak apa kita menggunakan HP.

“Salam Gizi, selamat berkarya untuk Indonesia lebih baik”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 22 October 2011 by in Diary and tagged , , .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: