GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Masalah Gizi pada Pasien Kanker


Gangguan gizi yang dapat timbul pada pasien penyakit kanker disebabkan kurangnya asupan makanan , tindakan medik, efek psikologik dan pengaruh keganasan sel kanker. Gejala kanker dalam keadan berat dinamakan cachexia yang menifestasinya secara klinis adalah anorexia, penurunan berat badan, gangguan refleks, lemas, anemia, KKP dan keadaan deplesi secara keseluruhan.

Beberapa factor penyebab gangguan gizi yang dapat timbul pada penyakit kanker adalah :

  1. kurang nafsu makan yang disebabkan oleh factor psikologik dan lost response terhadap kanker berupa cepat kenyang atau perubahan pada indra pengecap.
  2. gangguan asupan makanan dan gangguan gizi karena :
    1. gangguan pada saluran cerna, dapat berupa kesulitan mengunyah, menelan dan penyumbatan
    2. gangguan absorbsi zat gizi
    3. kehilangan cairan dan elektrolit karena muntah-muntah dan diare
  3. Perubahan metabolisme protein, karbohidrat dan lemak
  4. Peningkatan pengeluaran energi

CEGAH KANKER DENGAN MAKANAN BERGIZI

Berdasarkan berbagai hasil penelitian yang telah ditemukan, dibuatlah beberapa rekomendasi yang dapat digunakan oleh masyarakat luas untuk mencegah terjadinya kanker. Walaupun berbagai penelitian masih belum memperlihatkan hasil yang konsisten, bahkan cenderung kontradiktif, berdasarkan hasil kesepakatan sebuah tim ahli, dikeluarkan beberapa rekomendasi yang penting.

Rekomendasi dalam pencegahan kanker melalui makanan untuk pertama kalinya dikemukakan pada tahun 1982 oleh Committee on Doet, Nutrition, and Cancer dari US Academy of Sciences (NRS, 1982). Dimulai dengan 4 rekomendasi yang dibuat berdasarkan fakta yang terkumpul saat itu, sekarang ini telah dibuat 7 rekomendasi yang samapi saat ini digunakan di Amerika Serikat (America Cancer Aociety, 1987).

Disamping 7 petunjuk pengaturan makanan (dietary guidelines), National Cancer Institute (1987) telah membuat juga tips untuk mencegah kanker secara umum.

Petunjuk Pengaturan Makanan dalam Menurunkan Resiko Kanker

  1. Hindari kegemukan, berat badan yang berlebih memberikan resiko terjadinya berbagai kanker. Kegemukan meningkatkan resiko terjadinya kanker kolon, payudara dan uterus.
  2. Turunkan Konsumsi Lemak, konsumsi lermak yang berlebihan umumnya ditemukan pada mereka yang cenderung mengkonsumsi sumber hewani yang berlebihan, termasuk minyak kelapa dan santan dari tumbuhan. Konsumsi lemak yang berlebihan berhubungan dengan resiko terjadinya kanker payudara, kolon dan prostat
  3. Makanalah Makanan Kaya akan Serat, makanan berserat dapat menggantikan makanan yang kaya akan lemak. Makanan yang berserta dapat mencegah terjadinya kanker kolon. Diduga efeknya adalah mengencerkan isi dalam usus dan meratakannya kesemua kolon. Untuk tidak terjadinya konstipasi, usahakan meminum banyak air sampai 10 gelas dalam sehari.
  4. Makanalah makanan yang kaya akan vitamin C dan A setiap hari
  5. Masukkan sayuran golongan “cruciferous”, yang termasuk dalam golongan sayuran ini ialah brokoli, kol, bunga kol dan bayam. Sayuran golongan ini memproduksi suatu enzim di hati yang nantinya menghancurkan bahan-bahan kimia yang dapat meningkatkan terjadinya kanker esophagus, lambung, kolorektum, paru-paru dan kandung kemih.
  6. Kurangi makanan yang diawetkan dengan garam, nitrit atau yang diasapi.
  7. Hindari konsumsi alcohol.

Tips Pencegah Kanker

Oleh karena factor gizi bukan satu-satunya yang dapat meyebabkan terjadinya kanker, dibuatlah tips yang dikeluarkan oleh Nasional Cancer Institute (1987) sebagai pedoman pencegahan. Dibawah ini 8 hal yang diajurkan :

  1. Pilihlah makanan yang tinggi kandungan seratnya
  2. Pilihlah makanan yang kurang mengandung lemak
  3. Bila anda termasuk orang yang minum alcohol, minumlah dalam jumlah yang sedikit
  4. Hindari penyinaran X-Ray yang tidak perlu
  5. Pedoman kesehatan dan keamanan ditempat kerja anda harus diketahui dan dipatuhi
  6. Hindari terlalu banyak sinar matahari, gunakan pakaian pelindung atau krem pelindung kulit
  7. Gunakan esterogen hanya sepanjang diperlukan
  8. Jangan merokok, sepertiga dari penyebab kematian kanker di negara maju disebabkan oleh rokok.

Pesan Dasar Gizi Seimbang

Ada sejumlah 13 pesan dasar yang dikemukakan sebagai pedoman gizi seimbang oleh pemerintah Indonesia (Depkes RI, 1995) untuk mengatasi masalah “double burden” yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Beberapa pesan ini menyangkut tentang pencegahan penyakit degeneratif seperti kanker. Diharapkan pesan dasar gizi seimbang ini akan lebih diperluas penggunaannya sesuai dengan kelompok sasaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 1 November 2011 by in Gizi Klinik and tagged , , .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: