GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Alur Program Positive Deviance


[box]Jika anda ingin memiliki Protokol Lengkap Positive Deviance, Silahkan klik link berikut : Protokol[/box]

NO

KEGIATAN

URAIAN KEGIATAN

1

SOSIALISASI

  1. Tim PD mengunjungi kepala desa untuk menyampaikan rencana pelaksanaan kegiatan model tungku serta meminta bantuannya untuk memfasilitasi pertemuan dengan tokoh masyarakat dan masyarakat khsusnya ibu-ibu. Kelompok masyarakat yang diundang antara lain : kepala desa, ketua TP. PKK desa, ketua BPD, kepala dusun, bidan desa, imam desa, masyarakat yg ditokohkan, remaja mesjid, kader posyandu dll.
  2. Tim PD mengisi PROTOCOL langkah 1
  3. Tim PD mengantar undangan pertemuan

2

MOBILISASI SUMBERDAYA

Pertemuan dilakukan dengan agenda sebagai berikut :

  1. Apa yang dimaksud dengan metode tungku
  2. Tujuan metode tungku
  3. Mekanisme pelaksanaan metode tungku
  4. Jadwal pelaksanaan
  5. Bantuan yang diharapkan

Ingat hasil pertemuan tulis pada PROTOCOL langkah 2

3

MENYUSUN PD INQUIRY

  1. Tim PD mengumpulkan data hasil penimbangan dan memindahkan ke dalam tabel yang sudah disiapkan
  2. Tim PD menentukan keluarga yang akan diwawancarai yang terdiri atas 4 balita pra sejahtera gizi baik, 4 balita pra sejahtera gizi kurang, 4 balita sejahtera gizi baik, 4 balita sejahtera gizi kurang.
  3. Tim PD mengisi PROTOKOL langkah 3

4

MELAKUKAN PD INQUIRY

  1. Tim PD melakukan PD Inquiry
  2. Tim PD melakukan identifikasi penyimpang positif
  3. Tim PD mengisi PROTOKOL langkah 4

5

MENDESAIN SESI HEARTH

  1. Tim PD dan Sukarelawan berkumpul untuk melakukan penyusunan menu yang akan dibuat pada sesi hearth serta pesan-pesan yang akan disampaikan pada sesi hearth
  2. Tim PD dan sukarelawan melakukan pertemuan dengan ibu/pengasuh yang berminat mengikuti kegiatan ini. Agenda pertemuan ialah : waktu kegiatan, menu yg akan dibuat bersama serta meminta kesediaan mereka membawa bahan makanan selama sesi hearth
  3. Tim PD mengisi PROTOCOL langkah 5 dan 6

6

SESI HEARTH

Ibu/pengasuh dikumpulkan di sebuah tempat yg telah disepakati bersama untuk melakukan sesi hearth

7

KUNJUNGAN RUMAH

Sukarelawan melakukan pemantauan dimasing-masing rumah pengasuh yg mengikuti kegiatan ini hasil kunjungan dicatat di dalam PROTOKOL Langkah 7

8

ULANGI SESI HEARTH

Pengasuh dikumpulkan kembali untuk menyampaikan keluarga yg lulus dan keluarga yg harus mengikuti sesi hearth tahap 2. Kriteria lulus ialah : status gizi/berat badan anak meningkat, ibu sudah melkukan perilaku baru

Catat nama-nama keluarga yang harus mengikuti sesi hearth tahap kedua pada PROTOCOL langkah 8

9

PERLUAS PROGRAM PD/HEARTH KEPADA MASYARAKAT YANG LAIN

Metode ini dilanjutkan ke wilayah lain yang memenuhi syarat, dengan langkah-langkah seperti sebelumnya.

Catat wilayah yang akan menjadi tempat pengemabngan program selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 7 November 2011 by in ARTIKEL and tagged , , , , .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: