GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Kebutuhan Gizi Anak Umur 6-8 Bulan


Setelah anak mencapai usia 6 bulan, bayi tetap memperoleh ASI. ASI tetap penting untuk anak, akan tetapi seiring dengan pertumbuhan anak yang cepat dan ukuran tubuh anak menjadi besar, ASI saja tidak lagi mencukupi zat gizi yang dibutuhkan, oleh karena itu perlu ditambahkan makanan pendamping ASI (MP-ASI).

MP-ASI adalah makanan dan minuman yang diberikan secara beragam kepada anak selain ASI. Ada 2 (dua) jenis MP-ASI, yaitu MP-ASI keluarga, yang dibuat sendiri di rumah dan MP-ASI pabrikan, siap saji.

Sistem pencernaan anak setelah berusia 6 bulan sudah lebih siap untuk menerima makanan selain ASI. Anak pun sudah memiliki refleks mengunyah, pemberian MP-ASI juga merupakan persiapan atau masa peralihan menuju makanan keluarga setelah anak berusia 1 tahun. Dengan demikian, apabila tidak dibiasakan mengonsumsi makanan padat dikhawatirkan pada usia selanjutnya anak akan mengalami kesulitan makan. Sering terjadi, si kecil makan dengan cara diemut lantaran saat masa bayi (setelah 6 bulan) tidak dilatih mengunyah.

Jumlah pemberian MP-ASI harus mencukupi dengan kualitas zat gizi yang harus baik dan seimbang. Bila kebutuhan zat gizi anak tidak terpenuhi, anak akan kekurangan zat gizi. Akibatnya, anak mengalami gagal tumbuh. Bila kondisi ini terus terakumulasi akan mengakibatkan pertumbuhan terhambat dan bayi menjadi pendek.

Hasil penelitian Shrimpton dkk (2001) menunjukkan bahwa anak mengalami penurunan berat badan dan tinggi badan dimulai pada umur 3 bulan sampai umur 12 bulan (berat badan) dan 18 bulan (tinggi badan), jika anak tidak mendapatkan ASI yang optimal saat umur 0-6 bulan serta MP-ASI yang tepat (Jumlah, jenis, frekuensi dan kualitas) maka penurunan berat badan akan sangat drastis dan sifatnya tidak bisa kembali ke kondisi semula (irreversible).

BERAT BADAN IDEAL ANAK

Untuk mengetahui berat badan ideal anak umur 6-8 bulan, anda bisa menggunakan rumus berikut : {Umur anak (bulan)/2} + 4, contoh jika anak anda berumur 7 bulan, maka berat badan idealnya adalah (7/2)+4 = 7.5 kg, atau berat badan minimal sekitar 6.8 kg dan maksimal sekitar 8.3 kg.

Jika anda memiliki Kartu Menuju Sehat (KMS), pada bagian bawah KMS tercantum Kenaikan Berat Badan Minimal (KBM) setiap bulan, misalnya: kenaikan BERAT BADAN anak umur 5 bulan ke 6 bulan MINIMAL = 0.4 kg. Untuk umur 6 bulan ke 7 bulan serta 7 bulan ke 8 bulan MINIMAL masing-masing = 0.3 kg

KEBUTUHAN GIZI

Kebutuhan gizi untuk anak usia 6-8 berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) untuk orang Indonesia tahun 2004 antara lain : Energi=650 kkal, Protein=16 gram, Vitamin A= 400 retinol equivalent (RE), Folat=80 mikrogram, Kalsium=400 mg, Zat Besi=10 mg, Yodium=120 mikrogram dan Zat Seng=7.5 mg.

Perlu anda ketahui bahwa untuk anak usia 6-8 bulan, MP-ASI hanya dibutuhkan sekitar 1/3 dari kebutuhan gizi anak dan 2/3 sisanya diperoleh dari ASI. Jika kebutuhan energi anak 650 kkal, maka anak hanya membutuhkan sekitar 217 kkal dari MP-ASI dan sisa kebutuhan sebanyak 433 kkal diperoleh dari ASI.

JENIS MAKANAN ANAK USIA 6-8 BULAN

Bentuk makanan untuk anak pada usia ini adalah lembut atau lumat, berikut beberapa jenis makanan yang bisa menjadi pilihan buat anda antara lain :

Anak umur 6-7 bulan

Buah seperti pisang raja, pisang ambon, jeruk manis, labu kuning, pepaya, dll. Buah di blender atau dilumatkan dengan menggunakan sendok atau alat lainnya, diberikan sebanyak 2 (dua) sendok makan sekali makan, dan diberikan 2 (dua) kali sehari. Setiap jenis buah diberikan 2-3 hari berturut-turut agar anak dapat mengenal rasanya, setelah itu baru diperkenalkan buah lainnya.

Setelah bayi mengenal rasa buah, baru dapat ditambahkan bubur susu. Berikan 1 (satu) kali buah lumat dan 1 (satu) kali bubur susu. Suapkan bubur dengan sendok kecil, jika anak menolak, jangan dipaksa, melainkan dibujuk agar ia mau makan atau berikan pada kesempatan lain ketika anak tengah lapar.

Anak umur 7-8 bulan

Selain bubur susu dan buah, mulailah memberikan bubur saring yang dibuat dari bahan makanan sumber karbohidrat, seperti beras, makaroni, kentang, kacang hijau, atau roti, dilengkapi dengan protein hewani dan nabati serta sayur. Untuk protein hewani, mulailah dari kuning telur karena mudah diperoleh dan tidak menimbulkan alergi, hindari putih telur karena dapat menimbulkan alergi.

Campur bahan-bahan tersebut, kemudian haluskan dengan cara diblender atau diulek di atas saringan. Sebagai perkenalan, berikan 2 sendok makan sekali makan untuk 2-3 kali sehari. Selanjutnya tingkatkan jumlahnya hingga akhirnya mencapai paling sedikit 7 sendok makan.

POLA MAKAN DAN CONTOH HIDANGAN

Berikut kami sajikan contoh pola makan dan hidangan untuk anak usia 6-7 bulan, tentu saja uraian berikut hanya sebuah contoh dan sangat tergantung pada ketersediaan jenis makanan yang terdapat di daerah anda serta tingkat penerimaan makanan oleh anak.

*) Tidak harus susu formula, sebaiknya anda menggunakan ASI anda yang sebelumnya andah perah lalu tambahkan kedalam tepung untuk membuat bubur susu.

**) Total energi tersebut diatas diperoleh dari 209 kkal dari MP-ASI dan 441 kkal dari ASI

Keterangan:

  • Nasi 1 porsi = ¾ gls = 100 gram = 175 kkal
  • Sayur 1 porsi = 1 gls = 100 gram = 25 kkal
  • Buah 1 porsi = 1-2 buah = 50-190 gram = 50 kkal
  • Tempe 1 porsi = 2 ptg sdg = 50 gram = 75 kkal
  • Daging 1 porsi = 1 ptg sdg = 35 gram = 75 kkal
  • Minyak 1 porsi = 1 sdt = 5 gram = 50 kkal
  • Gula 1 porsi = 1 sdm = 13 gram = 50 kkal
  • Susu bubuk (tanpa lemak) 1 porsi = 4 sdm = 20 gram = 75 kkal (susu ini anda bisa ganti dengan ASI)

Pola diatas adalah contoh untuk anak usia 6-7 bulan, untuk anak usia 7-8 bulan, kebutuhan energi tetap sama, anda cukup menambahkan atau meningkatkan variasi makanan sesuai dengan jenis makanan yang tersedia di tempat anda, sebagaimana penjelasan sebelumnya.

TIPS PEMBERIAN MP-ASI

  • Buatlah makanan dari bahan-bahan segar yang bebas pestisida (sayur/buah) dan pengawet/formalin (ikan/ayam) serta zat-zat kimia lainnya yang berbahaya bagi kesehatan
  • Hindari penggunaan MSG (bumbu penyedap). Pengenalan rasa gurih dapat dilakukan dengan menggunakan keju atau kaldu (ayam/daging/ikan)
  • Jangan terlalu banyak memberikan gula dan garam karena dengan bertambahnya usia anak akan meningkatkan asupannya
  • Variasikan makanan, baik dari pilihan bahan maupun penyajian. Kombinasikan pula lauk-pauknya secara bervariasi, sehingga terasa enak dan menggugah selera anak serta menghindari anak dari kebosanan
  • Perhatikan kebersihan dalam pengolahan dan penyajian makanan.
  • Beri anak makanan sesuai jumlah kebutuhan energinya agar tidak terjadi kegemukan ataupun kekurangan gizi
  • Tandai jenis makanan yang menyebabkan alergi, bila ditemui masalah seperti alergi, intoleransi dan lain-lain, konsultasikan ke dokter.
  • Jika makanan anak tidak habis, jangan disimpan untuk diberikan kembali, karena makanan itu telah terkontaminasi dengan air ludah.
  • Jika makanan anak belum dimakan, taruh di dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat, simpan di lemari es. Bila hendak makan, hangatkan dengan merendamnya dalam wadah berisi air hangat.
  • Pemberian makanan cemilan hharus dibatasi karena mengganggu nafsu makan anak di waktu makan siang atau malam hari
  • Tidak memberikanmakanan dalam bentuk butiran keras karena bisa membuat anak tersedak, misal, kacang-kacangan, buah berbiji seperti anggur.

Semoga bermanfaat, Salam Gizi

Sumber :

DEDEH KURNIASIH, HILMAN HILMANSYAH, MARFUAH PANJI ASTUTI & SAEFUL IMAM (2010), Sehat & Bugar Berkat Gizi Seimbang. PT. Penerbitan Sarana Bobo, Jakarta.

SHRIMPTON, R., VICTORA, C. G., ONIS, M. D., LIMA, R. C., BLOSSNER, M. & CLUGSTON, G. (2001) Worldwide Timing of Growth Faltering: Implications for Nutritional Interventions. PEDIATRICS, Vol. 107.

 

2 comments on “Kebutuhan Gizi Anak Umur 6-8 Bulan

  1. sugar daddy in Los Angeles
    26 November 2011

    Hello there I am so grateful I found your site, I really found you by accident, while I was browsing on Aol for something else, Regardless I am here now and would just like to say thank you for a tremendous post and a all round entertaining blog (I also love the theme/design), I don’t have time to browse it all at the moment but I have bookmarked it and also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a lot more, Please do keep up the superb work.

  2. Pingback: Kebutuhan Gizi Anak Umur 8-12 Bulan «

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 23 November 2011 by in Balita, Gizi Daur and tagged , , .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: