GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Angka Kecukupan Gizi (AKG) Tahun 2004


Buat penggiat gizi istilah Angka Kecukupan Gizi atau yang biasa disingkat AKG bukanlah barang baru, sejak mereka menginjakkan kaki di Kampus gizi istilah ini akan terus membuntutinya hingga di dunia kerja, heheheeh….. lebay ya?.

Mengapa Kecukupan, bukan kebutuhan?

Kecukupan itu menggunakan pendekatan POPULASI, artinya zat gizi yang tercantum di dalamnya merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh seorang individu untuk hidup sehat dalam satu populasi. Sedangkan Kebutuhan, menggunakan pendekatan INDIVIDU, artinya jumlah zat gizi yang dibutuhkan oleh seorang individu untuk dapat hidup sehat dan produktif. Atau dengan kata lain nilai yang terdapat pada angka kecukupan adalah rata-rata dari nilai kebutuhan. Untuk menghitung kebutuhan gizi seorang individu dapat menggunakan beberapa rumus, penjelasan tentang ini akan kami uraikan selanjutnya.

Beberapa negara menggunakan beberapa istilah yang berbeda, akan tetapi memiliki substansi yang sama, antara lain: Recommended Dietary Allowence (RDA) digunakan oleh Amerika dan sekitarnya, Nutrient Recommended Intake (NRI) oleh negara Eropa dan sekitarnya, dll.

Secara berkala, setiap 4 (empat) tahun sekali AKG diperbaharui dalam forum Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) yang pada tahun 2008 sudah diselenggarakan yang ke-9 kalinya. Tapi sampai saat ini kami belum dapat mengakses AKG hasil WNPG tahun 2008 tersebut, oleh karena itu pada postingan ini anda hanya bisa mendowload AKG tahun 2004.

DOWNLOAD AKG TAHUN 2004

Cara penggunaan AKG (untuk individu)

Setelah anda mendownload AKG tahun 2004 tersebut diatas, berikut cara penggunaannya: misalnya anda seorang laki-laki, berumur 32 tahun, dengan berat badan 60 kg, berapakah kebutuhan gizi anda?,

  • Buka file AKG yang sudah anda download
  • Lihat kelompok jenis kelamin laki-laki umur 30-49 tahun (baris no. 10)
  • Lakukan perhitungan dengan rumus : (berat badan anda/berat badan AKG) x nilai kecukupan zat gizi, misalnya untuk kebutuhan energi: (60/62)x2350=2274 kkal, begitu seterusnya untuk nilai gizi yang lain.
  • Bandingkan asupan zat gizi anda dengan kebutuhan anda tersebut di atas, dengan rumus: (asupan zat gizi/kebutuhan)x100%, misalnya anda memiliki asupan energi 2150 kkal, maka kategori asupan anda adalah : (2150/2274)x100%=94.5%, apakah kategori ini termasuk cukup atau tidak, silahkan baca di sini.

Cara tersebut di atas untuk Individu, sedangkan untuk Populasi, tidak perlu melakukan langkah tersebut diatas cukup langsung menggunakan nilai gizi yang terdapat pada AKG tersebut.

Semoga bermanfaat, Salam Gizi.

2 comments on “Angka Kecukupan Gizi (AKG) Tahun 2004

  1. Heart Healthy Diet
    25 November 2011

    Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wished to say that I have really enjoyed browsing26 your blog posts. In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again soon!…
    Heart Healthy Diet

  2. Pingback: Mario Holland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 24 November 2011 by in ARTIKEL and tagged , .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: