GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Cantik dan Tampan dengan Kulit Sehat


Entah atas alasan apa seorang teman meminta saya untuk membuatkan postingan dengan topik tips membuat orang jadi tampan dari persfektif ilmu gizi, padahal menurut sebagian besar orang, tampan/cantik itu adalah relatif, tergantung siapa dan dari sudut pandang mana anda melihatnya, sementara menurut saya orang tampan/cantik itu musibah, jelek itu cobaan dan biasa-biasa saja itu anugrah, heheheheh…… (just kidding).

Indikator pertama yang digunakan untuk menilai seseorang tampan atau tidak ialah kondisi kulitnya, jika ia memiliki kulit yang sehat maka pancaran kulit yg bersih, bercahaya dan halus akan terpancar, begitupula sebaliknya. Pertanyaannya kemudian, bagaimana mendapatkan kulit yang ideal tersebut?

Begini ceritanya, heheheh…..!!!, kulit merupakan salah satu indikator yang paling kuat untuk menunjukkan bahwa anda dalam kondisi yang sehat, kulit yang keriput, kering, berminyak, dan jerawatan, merupakan tanda-tanda anda kekurangan zat gizi tertentu. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh mengonsumsi makanan yang tidak bergizi/sehat serta menghindari makanan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Untuk mengobati masalah kulit biasanya orang menggunakan pendekatan kosmetik seperti penggunaan lotion, sabun, lulur, toner dan krim. Akan tetapi, pengobatan luar tersebut biayanya cukup mahal dan bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetik tersebut tidak mengatasi akar masalah penyebab kulit bermasalah. Langkah yang bijak yang sebaiknya anda gunakan adalah menggunakan pendekatan alamiah atau pendekatan makanan bergizi. Lalu, zat gizi apa saja yang berperan dalam menciptakan kulita yang sehat?, banyak zat gizi yang memiliki peran dalam menciptakan kulit yang sehat, tapi kami hanya akan menguraikan beberapa diantaranya yang paling berkonstribusi, berikut penjelasannya.

SILIKA

Silika merupakan salah satu mineral mikro yang berpungsi untuk menguatkan jaringan penghubung antara pembuluh darah, rambut, ikatan persendian, kuku dan tulang rawan. Kekurangan silika ditandai dengan penuruan elastisitas kulit serta kemampuan penyembuhan luka yang lambat. Silika dapat diperoleh pada bawang bombay, strawberi, mangga, ketimun dan asparagus.

ZINC

Bagi anda yang berjerawat, patut diduga anda mengalami kekurangan zinc. Mineral ini memiliki tugas untuk mengontrol produksi minyak pada kulit serta beberapa hormon yang menyebabkan jerawat. Anda bisa menemukan zinc pada bahan makanan seperti jahe, kacang brazil, gandum, kerang-kerangan dan telur.

ASAM LEMAK OMEGA-3

Tubuh kita tidak memproduksi zat gizi ini, oleh karena itu dibutuhkan suplai dari luar tubuh melalui makanan. Mengonsumsi asam lemak omega-3 yang proporsi seimbang dengan asam lemak omega-6 dapat menghasilkan kulit lebih lembut dan kelihatan lebih muda. Asam lemak omega-3 bisa anda dapatkan pada minyak ikan dan asam lemak omega-6 pada ikan salmon.

VITAMIN C, E DAN A

Ketiga vitamin tersebut memiliki tugas untuk meredam pergerakan yang merusak dari zat radikal bebas. Radikal bebas sendiri anda dapatkan dari paparan sinar matahari yang terlalu lama, asap kendaraan bermotor dan ASAP ROKOK (tebal, miring, garis bawah, #segaja, heheheheh…..), radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh akan merusak kolagen dan elastin yang merupakan zat yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit, yang pada akhirnya mengakibatkan kanker kulit, kerutan pada kulit, dan kulit kering.

Kerjasama antara ketiga vitamin tersebut di atas sangat efektif melindungi kulit dari radiasi yang berlebihan. Vitamin C bisa anda temukan pada buah-buahan seperti jambu biji merah, tomat, brokoli, lobak cina, dll. Sedangkan vitamin E banyak terdapat pada toge, biji bunga matahari, bayam, tomat, buah persik, alpukat, kubis, asparagus, kacang-kacangan dan olahannya, dll. Untuk vitamin A, banyak terdapat pada hati (ayam, sapi, dll), wortel, kentang, semangka, sayur hijau, bayam, dll

Mengonsumsi makanan alamiah sangat diharapkan daripada menggunakan suplemen. Banyak saudara-saudara kita lebih memilih suntik Vitamin C untuk mendapatkan kulit yang sehat, tindakan tersebut sangat tidak bijak, disamping mahal juga tidak masuk akal, karena Vitamin tersebut bisa anda temukan pada banyak makanan disekitar anda.

Yang paling parah adalah adanya selentingan kabar yang menyatakan bahwa ada oknum petugas kesehatan yang menggunakan kapsul Vitamin A yang seharusnya untuk balita dan didistribusikan setiap bulan Februari dan Agustus, mereka gunakan untuk mengobati jerawat di wajahnya, Naudzubillahi min dzalik……..

Sudah berminat menjadi lebih tampan atau cantik? Kesimpulannya adalah tetap mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, dan ada betulnya, tampan atau cantik itu relatif, hehehehehe………….

Semoga bermanfaat, salam Gizi.

Referensi : Natural News

7 comments on “Cantik dan Tampan dengan Kulit Sehat

  1. chapila
    24 November 2011

    wahh harus banyak – banyak makan bawang ini,😀

    • gizimu
      24 November 2011

      wkwkwkwk……. hati-hati maslah baru muncul #bau badan,

  2. dualima
    24 November 2011

    kulit bagus tp kalo muka ancur, sama saja…hehehehehe

    • gizimu
      24 November 2011

      hahahaah…. na bilang anak-anak, itu masalah mu, heheheh…

  3. Taufan
    24 November 2011

    ouwhhh… biarmi muka agak tampan yg penting sehat😀

    • gizimu
      24 November 2011

      tojeng sekaliami kita bilang heheheheh…..

  4. Mendy Sollis
    12 December 2011

    I’ve been reading out several of your posts and i can claim fairly good stuff. I will make sure to bookmark your website.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 24 November 2011 by in ARTIKEL and tagged , .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: