GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Indikator Pengukuran Pola Makan


Pola makan balita merupakan topik favorit yang selalu muncul pada Karya Tulis Ilmiah (KTI) atau Skripsi mahasiswa gizi, tapi terkadang beberapa mahasiswa mengalami hambatan dalam hal penentuan indikator yang tepat untuk mengukur pola makan balita.

Ada 2 (dua) pendekatan yang bisa anda gunakan untuk menentukan indikator tersebut, yaitu menggunakan indikator  hasil penelitian sebelumnya atau menggunkanan  indikator yang sudah ditetapkan oleh WHO/UNICEF.

Sebelum kita bicara tentang indikator-indikator tersebut, anda harus memahami terlebih dahulu pengertian dari pola makan. Battistini et al., (2005) dalam papernya mengatakan bahwa “food/eating patterns is related to patterns of meals, frequency of meal consumption, snaking habits, beverage consumption, portion size, and daily dietary quality”.

Kata kuncinya adalah, ketika anda membahas tentang pola makan, maka anda harus melihat dari 2 (dua) aspek, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Indikator yang bisa anda gunakan untuk metode kualitatif adalah frekuensi makan dan jenis makanan, sedangkan kuantitatif adalah jumlah nilai gizi makanan yang di konsumsi.

Metode yang bisa anda gunakan adalah Food Frequency Questionnaire (FFQ) untuk metode kualitatif dan repeated 24-H food recall (pengukuran konsumsi 2 atau 3 hari), anda tidak dibenarkan menggunakan single 24-H food recall (pengukuran konsumsi hanya 1 hari) untuk mengukur pola makan, pembahasan tentang metode ini dapat anda baca di sini (Penilaian konsumsi pangan-1 dan Penilaian konsumsi pangan-2).

Pesan moralnya adalah, saat anda memutuskan untuk mengkaji pola makan, tentukan pendekatan yang anda ingin lakukan apakah kualitatif, kuantitatif atau menggabungkan keduanya. Tentunya masing-masing metode memiliki kelebihan dan kelemahan.

Semoga bermanfaat, salam Gizi.

Referensi : BATTISTINI, N. C., MALAVOLTI, M., POLI, M. & PIETROBELLI, A. (2005) Growth: healthy status and active food model in pediatrics. Int J Obes Relat Metab Disord, 29, S14-S18.

One comment on “Indikator Pengukuran Pola Makan

  1. postage rates 2011
    27 November 2011

    Phases in human development: toddler, childhood, adolescent/teenager, alay, adult

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 26 November 2011 by in Balita, Gizi Daur and tagged , .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: