GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

My Plate


Terhitung mulai bulan Juni 2011 USDA salah otoritas Amerika Serikat yang mengurusi persoalan pangan dan gizi telah mengganti pedoman gizi mereka dari konsep PYRAMID ke konsep My PLATE (piring), perubahan ini disambut hangat oleh hampir semua penggiat gizi di negeri paman Sam tersebut, alasannya karena konsep lama sangat sulit diterapkan jika sudah berhubungan dengan konseling individu. Berbeda dengan konsep baru, jauh lebih mudah penerapannya karena menggunakan konsep piring, seseorang cukup mengingat konsep yang sederhana ini saat memilih makanan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Seperti apa konsep My PLATE tersebut?

Konsep My Plate memiliki 3 (tiga) pesan utama yaitu :

Balancing Calories

  • Enjoy your food, but eat less.
  • Avoid oversized portions.

Foods to Increase

  • Make half your plate fruits and vegetables.
  • Make at least half your grains whole grains.
  • Switch to fat-free or low-fat (1%) milk.

Foods to Reduce

  • Compare sodium in foods like soup, bread, and frozen meals ― and choose the foods with lower numbers.
  • Drink water instead of sugary drinks.

Sebelumnya Amerika menggunakan konsep berikut :

Bagaimana dengan Indonesia?

Hingga detik ini Indonesia masih memegang teguh konsep piramida makanan sebagaimana gambar di atas, dengan 13 Pedoman Umum Gizi Seimbang yang biasa disingkat dengan istilah 13 PUGS, pedoman ini merupakan pengganti dari slogan lama yaitu 4 Sehat-5 Sempurna, berikut ke-13 PUGS tersebut:

  1. Makanlah aneka ragam makanan.
  2. Makanlah makanan untuk memenuhi kebutuhan energi.
  3. Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi.
  4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi.
  5. Gunakan garam beriodium untuk mencegah timbulnya Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI).
  6. Makanlah makanan sumber zat besi untuk mencegah anemia.
  7. Berikan ASI saja kepada bayi sampai berumur 6 bulan.
  8. Biasakan makan pagi (sarapan)
  9. Minumlah air bersih, aman dan cukup jumlahnya
  10. Lakukan kegiatan fisik dan olah raga secara teratur
  11. Hindari minum minuman beralkohol.
  12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan
  13. Bacalah label pada makanan yang dikemas

Bagaimana kesan anda setelah membaca ke-13 pedoman tersbut di atas? Sulit ya mengingatnya?, jika ya, saya pun mengalami hal yang sama, sepertinya butuh kerja ekstra untuk menyederhanakan pesan-pesan tersebut di atas, jika dibandingkan Amerika yang hanya menggunakan 3 pesan utama.

Berikut model piramida makanan dari negara Jepang dan Malaysia

Semoga bermanfaaat, Salam Gizi

 

Sumber : My Plate

3 comments on “My Plate

  1. dualima
    26 November 2011

    Adduh…ideal banget, ada nasi, kuah, dan semangkok daging coto itu dah cukup…hehehehe

  2. suryani
    4 December 2011

    ass. izinkan sy copy artikel ini, trims sebelumnya.

    • gizimu
      5 December 2011

      silahkan🙂, mohon kesediannya ikut menyebarluaskan informasi keberadaan situs ini, terima kasih sebelumnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 26 November 2011 by in ARTIKEL and tagged , , , , .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: