GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Sarapan yang Bijak


Sarapan atau makan pagi, kata yang sangat mudah diucapkan, tapi penerapannya sangat sulit. Mengapa sulit? karena sebagian orang tidak punya cukup waktu untuk menyiapkan sarapan atau bisa jadi bahan makanan yang akan diolah tidak ada (heheheheh…..).

Sarapan sangat penting buat tubuh, saking pentingnya sampai-sampai ahli gizi memasukkan sarapan ke dalam 13 Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS). Tubuh telah menggunakan banyak glukosa selama tidur malam (8-10 jam), penurunan kadar glukosa di pagi hari akan menyebabkan rasa kantuk, penurunan kewaspadaan dan konsentrasi, yang pada akhirnya akan berdampak buruk terhadap produktifitas kerja atau prestasi belajar seseorang.

Menu sarapan yang biasa di konsumsi oleh masyarakat kita sangat bervariasi, untuk skala warung atau pedagang keliling biasanya menu yang mereka jual adalah bubur ayam, lontong sayur, dan nasi uduk serta kue-kue tradisional. Sementara untuk skala buatan rumah biasanya nasi goreng, roti isi selai, atau meses, pisang rebus, singkong rebus, dan lain-lain bahkan tidak jarang ada yang menyajikan nasi putih plus lauk sisa makan malam.

Ada 3 (tiga) hal yang harus anda perhatikan saat sarapan yaitu :

Waktu sarapan yang tepat

Sarapan sebaiknya dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 6 atau 7 pagi, bagi sebagian orang di kota-kota besar yang biasa berangkat ke kantor lebih pagi sekitar pukul 5 subuh, sebaiknya menyiapkan sarapan sebelumnya untuk di santap diperjalanan atau setiba di kantor.

Jenis sarapan

Jenis makanan yang dianjurkan untuk sarapan ialah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan kaya serat. Salah satu keunggulan karbohidrat kompleks adalah ia melepaskan energi secara perlahan-lahan sepanjang hari, sehingga perut tidak akan langsung kenyang setelah makan, hal tersebut dapat mencegah rasa kantuk. Karbohidrat kompleks dapat anda temukan pada makanan seperti gandum, jagung, kentang atau ubi-ubian.

Jumlah sarapan

Sarapan sebaiknya tidak berlebihan, karena jika berlebihan maka konsekuensinya adalah rasa kantuk yang berlebihan. Mengapa? Hal tersebut disebabkan karena semua aliran darah akan terpusat ke saluran cerna dan sangat sedikit yang ke otak.

Sarapanlah secara bijak untuk mendukung kebutuhan tubuh untuk beraktifitas di pagi hari, 1 (satu) buah pisang rebus atau 2 potong sedang singkong rebus atau 2 slice roti isi telor ceplok/selai/meses atau 1 porsi makanan tradisional hasil olahan pisang kepok, jagung, kentang atau ubi-ubian, cukup untuk memberikan energi baru di pagi hari

Jadi mulai esok cobalah sarapan sebelum beraktifitas, termasuk saya, he he he he he….

Sumber : Detik Health dan Health Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 26 November 2011 by in ARTIKEL and tagged , .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: