GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Transtheoretical Model


Pernahkah anda mendengar istilah Transtheoretical Model?, model ini  merupakan tahapan perubahan perilaku, yang dimulai dari Precontemplation – Contemplation – Preparation – Action – Maintenance – Termination. Pertanyaannya kemudian, berapa lama intervensi dilakukan sehingga seseorang bias berpindah dari tahap 1 ke tahap 2, tahap 2 ke tahap 3 dan seterusnya?. Hal tersebut sangat tergantung kepada jenis perilaku yang kita akan rubah, mislanya perilaku merokok atau minum alcohol mungkin butuh waktu yang cukup lama karena bersifat adiktif, sekitar 6 bulanan, sedangkan kalau perilaku mencuci tangan mungkin waktunya bisa lebih singkat.

Tahapan-tahapan Transtheoretical Model, sebagai berikut:

  1. Tahap precontemplation, pada tahapan ini, seseorang belum memiliki keinginan untuk melakukan perubahan dan sebagian besar tidak peduli atau tidak sadar bahwa perilaku mereka adalah sebuah masalah. Untuk mengukur efek sebuah intervensi, dibutuhkan waktu 6 bulan setelah intervensi
  2. Tahap contemplation, orang tersebut sudah mulai mengetahui atau menyadari bahwa perilaku yang ia miliki adalah sebuah masalah dan mulai melihat keuntungan dan kerugian yang bisa ditimbulkan jika ia tetap melakukan perilaku tersbeut. Hasil intervensi bisa di ukur setelah 6 bulan berikutnya.
  3. Tahap preparation, orang tersebut sudah mulai memiliki keinginan untuk melakukan perubahan perilaku dan mungkin ia mulai dari sesuatu yang kecil. Hasil intervensi bisa di ukur pada 30 hari selanjutnya (13 bulan)
  4. Tahap action, orang tersebut sudah mulai melakukan perubahan yang sepsifik dan memodifikasi gaya hidupnya yang mengarah kepada perubahan perilaku yang lebih baik. Biasanya orang pada tahapan ini sudah merubah perilakunya dalam 6 bulan terakhir
  5. Tahap maintenance, orang tersebut berusaha untuk terus mempertahankan perilaku postif yang ia sudah bangun selama beberapa bulan terakhir. Biasanya orang pada tahapan ini sudah merubah perilakunya lebih dari 6 bulan yg lalu
  6. Tahap termination, orang tersebut berada pada tahapan keyakinan 100% mereka tidak akan kembali ke perilaku buruk sebelumnya, tapi kecenderungan untuk kembali keperilaku sebelumnya (perilaku tidak sehat) juga cukup besar.

Tahapan-tahapan di atas bersifat fleksibel, terkadang ada orang yang tidak sampai ke tahapan maintenance tapi kembali ke tahapan precontemplation karena beberapa factor penghambat, seperti lingkungan, ekspektasi dll.

Sumber : Transtheoretical model

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 26 November 2011 by in ARTIKEL and tagged , .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: