GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

ODHA-Tips Saat ODHA Kurang Nafsu Makan


Tidak jarang terjadi sebuah situasi yang sangat sulit buat saudara-saudara (ODHA), pada satu sisi mereka harus meningkankan atau paling tidak mempertahankan berat badan tapi disisi lain selera makan yang buruk juga sering muncul.

Selera makan yang buruk ini muncul disebabkan karena penyakit yang derita, luka di mulut,  rasa mual, perubahan rasa pengecapan, stress, kecemasan, depresi, kelelahan dan efek samping dari obat-obatan. Kondisi tersebut yang menyebabkan asupan makanan ODHA menurun dan berdampak terhadap penurunan berat badan ODHA yang pada akhirnya akan memperberat penyakit yang dideritanya.

Prinsip umum yang harus dipahami oleh ODHA adalah pola makan yang baik serta mempertahankan berat badan yang sehat akan mencegah penyakit dan infeksi. Saat anda tidak merasa lapar penting untuk tetap makan sesuatu untuk mencegah penurunan berat badan dan kurang gizi.

Hal-hal yang bisa dilakukan ODHA saat selera makan memburuk adalah :

  • Makan dalam porsi kecil secara sering. Cobalah makan 5-6 porsi kecil makanan bernilai gizi tinggi sepanjang hari (contohnya setiap 2-3 jam sekali).
  • Makan sebanyak mungkin ketika anda merasa lapar.
  • Makan makanan yang bergizi tinggi seperti buah, kue tradisional yang terbuat dari tepung, gula atau santan, kacang goreng, kacang mente atau gorengan yang lain.
  • Pilihlah minuman yang bernilai gizi tinggi seperti susu, jus buah, susu kedelai, teh manis atau sirup daripada air putih.
  • Makanlah terlebih dulu sebelum anda minum.
  • Makanlah makanan kesukaan dan sediakan cemilan di dekat anda yang bisa dimakan secepatnya jika menginginkannya! Misalnya di samping tempat tidur.
  • Berkumur-kumur sebelum makan akan membuat mulut terasa segar dan  makanan terasa lebih enak.
  • Makan diluar bersama teman atau keluarga di tempat yang nyaman seperti di taman atau beranda mungkin membantu memperbaiki selera makan anda.

Hal-hal yang bisa ODHA lakukan jika selera makan yang buruk disebabkan oleh perubahan rasa adalah :

  • Coba berbagai macam makanan yang memiliki citarasa dan aroma berbeda. Contoh menambahkan bumbu/rempah- rempah seperti kayu manis, cengkeh, jahe, pala, terasi, daun kemangi, bawang putih atau bawang merah goreng.
  • Coba memberi rasa pada makanan dengan gula, garam, saus tomat, kecap asin/manis, cuka, asam jawa atau air jeruk nipis.
  • Bila makanan terasa hambar cobalah makan buah yang asam seperti mangga muda sebelum makan untuk merangsang selera makan atau coba makan dengan acar ketimun, buah gandaria, belimbing wuluh, racca mangga (makanan khas Sulawesi) atau dabu-dabu (makanan khas Sulawesi).
  • Buat makanan dengan penampilan yang lebih menarik dengan menambah garnis seperti irisan tomat, timun, wortel, lombok besar atau daun selada.

Beberapa resep minuman tradisional yang bisa membantu ODHA meningkatkan selera makan

  • WEDANG JAHE

Bahan: 1 liter air, 100 gr gula pasir, 2 buah jahe dimemarkan, 1 lembar daun pandan wangi dipotong-potong.

Cara membuat: masukkan  semua bahan  ke dalam air yang mendidih sampai gula larut dan daun pandan menjadi layu. Cicipi dan tambahkan gula jika belum manis. Hidangkan dalam keadaan hangat (untuk enam gelas).

  • TEH JAHE

Memarkan seruas jahe dan masak sampai mendidih dalam satu liter air selama 10 menit atau sampai warnanya mirip air teh. Masukkan kedalam wadah yang bertutup dan saringlah terlebih dahulu setiap kali mau diminum.

  • SARABBA (minuman khas Makassar)

Bahan: 1 liter santan, 2 ruas jahe, 100 gram gula merah dan kayu manis.

Cara membuat: masukkan jahe, kayu manis dan gula merah ke dalam air santan dan rebus sampai gula larut. Cicipi dan tambahkan gula pasir jika kurang manis. Hidangkan dalam keadaan hangat.

Hal-hal penting yang harus diingat oleh ODHA adalah :

  • ODHA perlu tetap makan untuk mempertahankan berat badan dan juga kekuatan tubuh.
  • Cara terbaik untuk merangsang selera makan anda adalah dengan makan sesuatu. Makan sedikit lebih baik dari pada tidak sama sekali!
  • Terkadang sarapan adalah waktu yang terbaik dalam sehari, makanlah makanan yang bergizi tinggi saat sarapan.
  • Makan dalam porsi kecil dan sering sepanjang hari umumnya akan lebih mudah diterima daripada 3 porsi besar.
  • Cemilan diantara makanan utama akan membantu meningkatkan asupan makanan tanpa membuat perut terlalu penuh.
  • Olahraga dapat juga meningkatkan nafsu makan. Cobalah beberapa olahraga ringan atau peregangan sekitar 30 menit sebelum waktu makan.

Jika anda mengalami penurunan berat badan, selera makan buruk berkepanjangan atau gejala yang lain seperti diare dan mual segeralah hubungi  petugas kesehatan atau ahli gizi di rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Semoga bermanfaat, Salam Gizi

Sumber : Prof. DR. dr. Nurpudji Astuti, SpGk dan Sitti Fatimah, DCN, M.Kes (2007) Lefleat diit ODHA RS. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar (didesain ulang oleh Manjilala). Aus Aid, IHCPC program dan RS. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Makassar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 30 November 2011 by in ODHA and tagged .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: