GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

ASI Eksekutif versus Ayah ASI


Istilah ASI Eksklusif bukan lagi barang baru dikalangan masyarakat kita, ASI Eksklusif di defenisikan sebagai Pemberian ASI saja tanpa makanan atau minuman lain, kecuali obat kepada anak mulai lahir sampai ia berumur 6 bulan.

Lalu, bagaimana dengan ASI Eksekutif?, Emang ada ASI Eksekutif?, sebenarnya istilah itu tidak dikenal dalam dunia kesehatan, istilah tersebut hanya sebuah istilah yang biasa digunakan untuk bahan “bercandaan” di kalangan bapak-bapak, dan biasanya konotasinya aga’ bersifat “dewasa” heheheh….

Lalu apa tujuan penulisan artikel ini?

Saya bermaksud melihat istilah ASI Eksekutif pada dimensi lain, meskipun pendekatan yang saya gunakan tidak didasarkan pada bukti ilmiah, paling tidak bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menyikapi istilah ini.

Apa yang dimaksud dengan ASI Eksekutif?

Berangkat dari istilah Eksekutif, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, eksekutif diartikan sebagai “berkenaan dengan pengurusan (pengelolaan, pemerintahan) atau penyelenggaraan sesuatu”. Jika rumah tangga di pandang sebagai sebuah perusahaan, maka yang bertindak sebagai Manajer adalah Suami, sedangkan Eksekutifnya adalah Istri.

Kondisi kemudian berbeda ketika sebuah keluarga memiliki bayi, konsentrasi ibu 100 persen habis tersita untuk si bayi, paling tidak untuk masa 6 (enam) bulan pertama. Sehingga harus ada pengalihan sebagian tanggungjawab dari Ibu (eksekutif) ke Suami (manajer). Pengalihan sebagian tanggung jawab inilah yang saya namakan sebagai ASI Eksekutif.

Mengapa harus ada pengalihan sebagian tanggung jawab?

Sebagaimana penjelasan kami sebelumnya (KLIK DISINI), bahwa selama periode menyusui, banyak masalah yang muncul, baik pada ibu maupun pada bayi, masalah-masalah ini berkontribusi terhadap tingginya tingkat stress yang dimiliki oleh si ibu, jika kondisi ini dibiarkan (stress dan perasaan tidak nyaman) akan berpengaruh negatif terhadap produksi ASI dan pada akhirnya akan mempengaruhi pemberian ASI, apakah dipersingkat atau stop sama sekali.

Pengalihan sebagian tanggung jawab dapat membantu ibu merasa nyaman dan hanya fokus terhadap masalah atau kondisi yang sedang ia alami. Bentuk pengalihan tanggungjawab dapat dilakukan dalam bentuk : membantu istri belanja ke pasar, menyiapkan makanan, mengerjakan urusan rumah tangga semampunya, mencuci pakaian si kecil atau mengganti popok, memandikan si kecil, membantu istri mencari informasi cara mengatasi masalah menyusui, dll. Meskipun anda memiliki pembantu, tugas untuk mengecek apakah urusan rumah tangga sudah beres atau belum yang biasanya dilakukan oleh ibu, sekarang menjadi tanggungjawab suami.

Selama 6 (enam) bulan pertama periode pemberian ASI, ciptakan suasana rumah tangga yang senyaman mungkin untuk istri dan anak, dengan harapan keluarga bisa sukses memberikan ASI Eksklusif.

ASI Eksekutif dan Ayah ASI

Pada dasarnya saya lebih setuju menggunakan kata Ayah ASI dari pada ASI Eksekutif, hanya saja istilah ASI Eksekutif  sudah terlanjur dikenal oleh masyarakat dibanding Ayah ASI karena penyebutannya sedikit mirip dengan penyebutan ASI Eksklusif.

Menjadi ayah ASI atau ASI Eksekutif, penuh dengan tantangan. Hanya saja terkadang sebagian besar ayah masih belum memahami apa yang harus ia lakukan untuk mendukung ibu menyusui, hal tersebut disebabkan oleh minimnya informasi yang membahas tentang hal ini. Menurut Februhartanty (2009), beberapa hal yang harus dilakukan oleh Ayah untuk mendukung ibu memberikan ASI antara lain :

PERAN AYAH SAAT KEHAMILAN IBU

  1. Belajar dan mencari informasi tentang kehamilan yang sehat dan persiapan menyusui
  2. Menemani istri memeriksakan kehamilan
  3. Memberitahukan dan berdiskusi dengan bidan/dokter bahwa anda dan istri berniat memberikan ASI eksklusif padacalon bayi
  4. Memberikan semangat agar istri anda siap memberikan ASI setelah calon bayi anda lahir

 PERAN AYAH SAAT IBU MELAHIRKAN

  1. Belajar dan mencari informasi tentang persalinan yang aman serta teknik menyusui segera setelah proses kelahiran
  2. Siap menemani istri melahirkan, bersedia menemani istri di dalam ruang bersalin dan menunggui saat proses menyusui pertama kali
  3. Berdiskusi dengan bidan/dokter penollong perslinan bahwa anda ingin bayi anda diberi ASI saja dan MENOLAK pemberian SUSU FORMULA
  4. Memberikan semangat agar istri anda yakin dapat menyusui dan TIDAK TERGODA memberikan SUSU FORMULA saat ASI pertama belumbanyak keluar

PERAN AYAH SAAT PERIODE BAYI BERUSIA 0-6 BULAN

  1. Belajar dan mencari informasi tentang cara pemberian ASI eksklusif
  2. Memberikan kenyamanan bagi stri anda dengan membantu pekerjaan rumah tangga, mengurusi anak lainnya (jika ada)
  3. Bersikap ramah saat kebutuhan anda tidak dapat langsung dilaksanakan karena istri anda harus menyusui bayi anda terlebih dahulu
  4. Membantu meyakinkan istri anda bahwa ASI saja cukup untuk bayi anda hingga ia bersuai 6 bulan

Setelah membaca uraian di atas, apakah anda memilih ASI Eksekutif atau Ayah ASI untuk menggambarkan kepedulian anda terhadap anak dan istri dalam mendukung pemberian ASI Eksklusif?, semua terserah anda dan apapun pilihan anda semua sangat dimungkinkan sepanjang belum ada aturan yang melarang dan tidak menyinggung suku, ras dan agama serta norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Saya pribadi lebih memilih mempopulerkan Ayah ASI ketimbang ASI Eksekutif karena istilah Ayah ASI memiliki kekuatan emosional jauh lebih besar ketimbang ASI Eksekutif (meskipun istilah ini hanya bahan “bercandaan” di forum-forum non formal) karena dalam keluarga tidak dikenal istilah atasan dan bawahan.

Untuk bergabung dengan KOMUNITAS AYAH ASI, silahkan klik link berikut : (GABUNG AYAH ASI)

VIDEO AYAH ASI


BEHIND THE SCENE AYAH ASI


Semoga bermanfaat, Salam Gizi

Referensi: Februhartanty, Judhiastuty, 2009. ASI dari ayah untuk ibu dan bayi. Penerbit Semesta Media, Jakarta.

6 comments on “ASI Eksekutif versus Ayah ASI

  1. ihsyah
    4 December 2011

    terimakasih sudah berbagi informasi ini. saya akhirnya paham, apa yang dilakukan seorang ayah saat ibu hamil🙂

    • gizimu
      4 December 2011

      sama2 daeng🙂

  2. nofrilia
    6 December 2011

    izin share ya mas artikelnya…

    • gizimu
      6 December 2011

      terima kasih atas kunjungannya silahkan di share as much as possible🙂

  3. Gempur
    19 October 2012

    Jiah kereeeennnn, meski sdh praktik, tapi baru tau istilahnya🙂
    aku Ayah ASI… YESSSSS =))

    • gizimu
      19 October 2012

      heheeh……. hidup ayah ASI, ayo dukung bunda untuk terus memebrikan ASI heheheh…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 4 December 2011 by in Gizi Daur, Ibu Menyusui and tagged , , , .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: