GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Ibu Hamil – Mitos Seputar Kehamilan


GIZIMU[dot]COM | Mitos seputar kehamilan sangat umum kita jumpai di masyarakat, munculnya mitos ini tidak lepas dari rendahnya pemahaman masyarakat seputar kehamilan serta bukti bahwa masih kuatnya pengaruh mistik seputar kehamilan, atau mungkin saja kondisi ini terus berkembang karena tingginya kekhawatiran ibu terhadap janin yang dikandung nya sehingga memunculkan tingkat kehati-hatian yang cenderung berlebihan.

Berikut kami akan uraikan beberap mitos yang berkembang selama periode kehamilan, antara lain :

  1. Ibu hamil tidak boleh menyentuh hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dll khusunya kotoran mereka. Pernyataan tersebut betul, karena keberadaan virus Toxoplasmosis, khusunya pada kotoran hewan peliharaan, meskipun hewan peliharaan anda mengonsumsi makanan organik, tetap saja perlu dikhawatirkan.
  2. Ibu hamil tidak boleh mewarnai  rambutnya. Pernyataan tersebut sangat tepat, sebaiknya ibu hamil menghindari segala sesuatu yang berhubungan dengan bahan kimia.
  3. Ibu hamil tidak boleh mengangkat beban berat lebih dari 10 kg
  4. Ibu hamil tidak boleh minum alkohol, pernyataan ini sangat tepat, karena alkohol bersifat racun terhadap janin
  5. Ngidam yang asam-asam dan es krim. Tidak semua ibu hamil ngidam makanan yang asam-asam dan es krim. Banyak ibu hamil ngidam junk food seperti es krim selama kehamilan karena junk food ini di asosiasikan dengan rasa nyaman. Gula yang terdapat pada makanan yang manis-manis, sama halnya dengan roti, pasta dan nasi menyebabkan tubuh memproduksi serotonin, zat ini memberi efek perasaan nyaman pada tubuh.
  6. Wanita yang posisi kehamilannya sedikit kebawah akan melahirkan anak laki-laki, sedangkan ibu yang jerawatan selama hamil akan melahirkan anak perempuan. Posisi kehamilan seorang ibu tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin bayi, akan tetapi berhubungan dengan fisik ibu. Mereka yang memiliki tubuh yang tinggi dan kurus cenderung memiliki posisi kehamilan yang sedikit tinggi, sedangkan wanita yang memiliki fisik yang pendek cenderung lebih rendah. Jerawat yang tumbuh selama kehamilan juga tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin bayi, akan tetapi lebih karena perubahan hormon selama kehamilan.
  7. Wanita hamil harus makan 1 porsi lebih banyak dari biasanya. Bayi dalam kandung hanya membutuhkan sekitar 300 kkal tambahan energi setiap hari. Karenanya ibu hamil cukup makan setengah porsi lebih banyak dari biasanya, dan harus lebih banyak mengonsumsi buah, sayuran, sumber protein dan sumber lemak yang sehat. Kecuali jika dokter menemukan indikasi bahwa ukuran bayi anda tidak sesuai dengan standar sehingga dituntut untuk meningkatkan porsi makanan.
  8. Ibu hamil tidak boleh mandi. Pernyataan yang tepat adalah ibu hamil sebaiknya tidak boleh mandi air panas (>98 derajat celsius), ibu hamil harus menghindari sauna, jackussi atau segala sesuatu yang dapat meningkatkan temperayur tubuh di atas 103 derajat celsius.Akan tetapi untuk air hangat masih diperbolehkan karena dapat menurunkan pembengkakan pada kaki dan lengan, meningkatkan cairan ketuban serta menecagh kontraksi prematur.
  9. Ibu hamil tidak boleh makan ikan. Meskipun ibu hamil diminta untuk tidak mengonsumsi ikan karena faktor atau kekhawatiran tinggginya level merkury dalam ikan, akan tetapi ibu hamil bisa memilih ikan segar yang diduga memiliki kandungan merkury rendah, seperti ikan-ikan kecil (ikan teri, ikan layang, ikan kembung dll), karena ikan-ikan tersebut tidak hidup lama dilautan sehingga kemungkinan untuk terpapar dengan merkury cukup rendah, ikan salmon dan minyak ikan juga bagus untuk kehamilan karena kandungan asam lemak omega-3 nya yang tinggi. Batasi atau hindari mengonsumi kerang-kerangan, karena beberapa penelitian terakhir menunjukkan bahwa perairan pantai kita sudah tercemar sangat parah.
  10. Semua ibu hamil memiliki “morning sickness”. Morning sickness biasanya disebabkan oleh meningkatnya hormon esterogen pada wanita selama kehamilan. Akan tetapi kondisi ini sangat tergantung kepada setiap individu, sehingga tidak semua wanita akan mengalami kondisi tersebut.
  11. Ibu hamil tidak boleh terbang selama trimester pertama dan terakhir, pernyataan ini kurang tepat, ibu hamil bisa terbang kapan pun selama periode kahamilan. Beberapa perusahan penerbangan melarang, kkhusunya untuk trimester terakhir karena dikhawatirkan dapat melahirkan selama penerbangan. Jika anda tetap khawatir sebaiknya sebelum anda melakukan penerbangan, sebaiknya anda memiliki surat keterangan dari dokter untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk selama penerbangan
  12. Ibu hamil tidak boleh melakukan hubungan seksual, mengangkat tangan di atas kepala Anda dan menyentuh jari kaki saat hamil. Semua pernyataan ini keliru, soal hubungan seksual, hanya frekuensi dan intensitasnya saja yang perlu dikurangi, bukan dilarang sama sekali.
  13. Ibu hamil tidak boleh minum kopi, sama sekali kurang tepat, secangkir kopi dalam sehari tidak akan mencelakai bayi anda.
  14. Ibu hamil sebaiknya tidur pada bagian sisi kiri mereka. Pernyataan tersebut sangat tidak beralasan, anda bisa tidur senyaman mungkin dengan posisi yang anda senangi.
  15. Garis yang terdapat pada perut ibu hamil dapat menjadi petunjuk terhadap jenis kelamin bayi, laki-laki atau perempuan. Pernyataan ini kurang tepat, jenis kelamin bayi hanya bisa ditentukan jika ia sudah lahir, selama ia masih dalam kandungan, kemungkan untuk laki-laki atau perempuan masih fifty-fifty.
  16. Melahirkan bayi yang besar itu baik. Pernyataan ini juga keliru, rata-rata berat bayi lahir adalah sekitar 3.4 kg. Bayi yang lahir di atas 3.4 kg biasanya diduga menderita diabetes dan mengalami obesitas pada kehidupannya yang akan datang.

Mungkin anda memiliki pengalaman tentang mitos yang tidak disebutkan di atas, silahkan share dengan kami.

Semoga bermanfaat, salam Gizi.

Referensi :

3 comments on “Ibu Hamil – Mitos Seputar Kehamilan

  1. eMingko Blog
    8 December 2011

    poin nmor 14 sempat n msih mnjdi “hukum” pdhal tdk 100% tpat

    • gizimu
      8 December 2011

      makasih atas kunjungannya, begitulah negara kita🙂

  2. family vacation ideas
    13 December 2011

    I’m pretty new at this place and adore the design, could you let me know me where you bought this theme? You can contact me on my e-mail…looking forward to hear from you
    my site is on family vacation spots.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 7 December 2011 by in Gizi Daur, Ibu Hamil and tagged , .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: