GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Penanggulangan Masalah Gizi dalam Keadaan Darurat


Indonesia merupakan salah satu Negara yang berada dalam Lingkaran Api Pasifik (ring of fire), yang berarti bahwa bahwa Negara kita akan sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi, diperkirakan sekitar 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini.

Potensi bahaya ini telah diantisipasi oleh Pemerintah untuk membentuk serta memperkuat Badan Penanggulangan Bencana Nasional mulai tingkat Kabupaten sampai dengan Tingkat Nasional.

Ahli gizi merupakan salah satu bagian dari Kementerian Kesehatan yang memiliki peran yang sangat penting dalam setiap tahapan bencana. Ibu, anak dan lansia merupakan kelompok yang paling rentang mengalami dampak paling besar dari sebuah bencana. Oleh karena itu, meningkatkan kemampuan dan keterampilan ahli gizi dalam penanggulangan bencana, sesuai dengan fungsi dan perannya sangat dibutuhkan.

Pada tahun 2001, Kementerian Kesehatan telah menerbitkan buku Panduan dengan judul : Penanggulangan Masalah Gizi dalam Keadaan Darurat. Buku ini menjadi pegangan wajib bagi petugas gizi dalam proses penanggulangan bencana.

Secara umum, tugas ahli gizi dalam proses penanggulangan bencana dibagi menjadi 2 tahapan, yaitu : tahapan penyelamatan dan tanggap darurat. tahap penyelamatan bertujuan agar para pengungsi tidak lapar dan dapat mempertahankan status gizi, sedangkan tahap tanggap darurat bertujuan untuk menanggulangi masalah gizi melalui intervensi sesuai tingkat kedaruratan gizi.

Berikut bagan Penanggulangan Masalah Gizi dalam Keadaan Darurat

Semoga uraian singkat ini bisa menginspirasi anda, untuk mendapatkan Pedoman Lengkap, silahkan download  DISINI (final draft)

Semoga bermanfaat, Salam Gizi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 13 December 2011 by in ARTIKEL and tagged .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: