GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Apa Kabar Ibu Indonesia


Tulisan ini kami dedikasikan untuk ibu Indonesia yang akan memperingati Hari Ibu pada hari Kamis/22 Desember 2011. Berdasarkan petunjuk teknis pelasanaan Peringatan Hari Ibu (PHI) tahun 2011 (baca di sini), tema hari Ibu tahun ini adalah :

“Peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan ekonomi menuju kesejahteraan bangsa”

Dengan slogan :

“Industri rumahan berjalan, ekonomi maju”

“Keluarga sehat, ekonomi kuat”

Tahukah anda, bahwa ibu memiliki lebih banyak keistimewaan daripada laki-laki, coba simak video berikut dan rasakan keistimewaan itu.

Sejarah Hari Ibu

Setiap negara memiliki waktu yang berbeda dalam memperingati hari ibu, hal tersebut sanga tergantung terhadap latar belakang sejarah masing-masing negara. Khusus di Indonesia, hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember 2011. Bagaimana sejarah penetapan tanggal tersebut sebagai hari ibu?, silahkan bukan link berikut SEJARAH HARI IBU.

Memberdayakan Ibu

Seiring dengan perkembangan zaman, tugas dan fungsi ibu tidak lagi sekedar hanya mengelola urusan rumah tangga, akan tetapi lebih jauh lagi dapat meningkatkan prekonomian keluarga. Bukan hal yang asing lagi jika saat ini banyak ibu yang bekerja, baik di sektor formal maupun informal.

Tapi jika kita telusuri lebih jauh ke belakang, kondisi tersebut bukanlah sesuatu yang baru banget, mengapa? Bukan kah sejak dahulu kala jauh di pelosok pedesaan, hampir semua ibu-ibu ikut membantu suami menggarap sawah, ladang, kebun dan lahan pertanian lainnya?.

Industri Rumahan Berjalan, Ekonomi Maju

Hingga saat ini, program pemerintah yang pro ibu masih kurang maksimal. Pemerintah harus lebih giat lagi meningkatkan program-program ini, alasannya sudah sangat jelas bahwa populasi perempuan di Indonesia masih lebih banyak dari laki-laki.

Untuk meningkatkan kualitas Ibu Indonesia, khususnya dalam bidang peningkatan ekonomi keluarga, yang pada akhirnya peningkatan ekonomi bangsa, hanya membutuhkan 3 (tiga ) hal, yaitu pelatihan, modal dan jaringan pemasaran produk.

Ketiga komponen tersebut di atas jika di kelola dengan baik, bukan tidak mungkin slogan hari ibu tahun ini :  Industri Rumahan Berjalan, Ekonomi Maju, bukan sesuatu yang mustahil. Hanya saja sebagian besar program yang ada sifatnya parsial, hanya menyediakan modal tapi tidak melakukan advokasi untuk membuka jaringan pemasaran bahkan pelatihan yang tepat, ataupun sebaliknya.

Keluarga Sehat, Ekonomi Kuat

Pemerintah dan stakeholder harus fokus pada kesehatan ibu dan anak, khususnya pada 1000 hari pertama umur anak (baca:pengertian 1000 hari pertama). Ibu harus diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mempersiapkan generasi penerus dengan baik pada 1000 hari pertama umur anak tersebut.

Jika pada 1000 hari pertama ini gagal, maka keluarga tersebut bukan tidak mungkin akan menghasilkan generasi yang tidak produktif dan tidak mampu bersaing pada kehidupan selanjutnya, apakah bersaing dalam bidang pendidikan maupun ekonomi atau lapangan pekerjaan, yang terjadi kemudian adalah terjadinya lingkaran setan kemiskinan dan kualitas kesehatan yang rendah dalam keluarga tersebut.

Selamat Hari Ibu

Akhirnya, buat Ibu Indonesia, selamat hari Ibu, terima kasih sudah menjadi bagian yang sangat penting dalam hidup kami, tanpamu kami bukanlah siapa-siapa. Love you so much mom….!!!

2 comments on “Apa Kabar Ibu Indonesia

  1. dianeaninditya
    19 December 2011

    woow semakin rindu kepingin pulang kecup kening ibu dan begitu istimewanya IBU…..

    • gizimu
      19 December 2011

      heheheh….. kondisi yg sama juga menerpa diriku🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 19 December 2011 by in ARTIKEL, Diary and tagged .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: