GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Menelusuri Bumi Samangki


Saya lahir di Kbupaten Maros sekitar 34 tahun yang lalu, meskipun saya lahir dan besar di Maros, tapi banyak tempat apalagi desa yang tidak familiar di telinga saya, salah satunya adalah Desa Samangki.

Beberapa waktu lalu, salah seorang kawan dari Maros memperkenalkan Desa Samangki dengan “Brand” baru, yaitu Desa Wisata Samangki. Setelah saya kunjungi websitenya di sini, saya kemudian menjadi tahu ternyata tempat yang sering saya kunjungi waktu SMA adalah Desa Samangki.

Desa Wista Samangki, terletak di Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Propinsi Sulawesi Selatan, sekitar 40 KM dari Kota Makassar. Akses menuju ke tempat tersebut sangat lancar, bahkan dari Bandara International Sultan Hasanudin pun anda bisa langsung menuju ke lokasi tersebut.

Bantimurung Objek Wisata Terbaik Di Sulawesi Selatan

Taman wisata yang terkenal di Kabuaten Maros selama ini hanya Bantimurung, bahkan Bantimurung sangat layak disebut sebagai Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan (Baca disini). Meskipun Bantimurung masuk dalam wilayah Desa Wisata Samangki, akan tetapi Desa Wisata Samangki, menyajikan banyak alternatif wisata buat anda, bukan hanya Bantimurung antara lain Biseang labboro, Maros Waterboom, Wisata Jagung, Wisata goa dan lain-lain

Biseang Labboro

Salah satu tempat favorit saya waktu SMA adalah “Biseang labboro” atau sering disingkat dengan “Bislab”, untuk menjangkau tempat ini, bisa dengan menggunakan angkot dari Maros Kota menuju Bantimurung atau angkot arah Kecamatan Camba, tapi buat backpacker, anda bisa numpang menggunakan mobil truk arah Kab. Bone, dijamin pasti gratis, hehehe……

Biseang labboro terdiri atas 2 (dua) suku kata, yaitu biseang=perahu/kapal dan labboro=karam, jadi biseang labboro berarti kapal karam, tapi jangan heran kalau anda tidak akan menemukan perahu/kapal disana, yang ada adalah bongkahan batu besar yang menyerupai kapal/perahu yang ukurannya sangat besar dengan model terbalik dan terbelah mejadi dua bagian.

Untuk menjangkau spot bislab, perjalanan harus ditempuh dengan cara jalan kaki kurang lebih 20 menit menelusuri lebatnya kawasan hutan lindung pattunuang. Sepanjang jalan anda akan dihibur dengan suara kicauan burung, monyet dan hewan hutan lainnya serta aliran sungai yang sangat jernih dan dingin. Jika anda menyukai suasana damainya alam pegunungan dan hutan tanpa harus bersusah payah mendaki, bislab adalah salah satu alternatif wisata yang sangat tepat buat anda. (Baca Riwayat Biseang Labboro)

Maros Waterboom

Tempat wisata lainnya adalah Maros Waterboom, tempat ini sebenarnya termasuk wahana baru, saya pun belum pernah berkunjung ke tempat ini, tetapi membayangkan suasana alam Desa Wisata Samangki sudah bisa menilai seperti apa fasilitas yang disediakan oleh tempat wisata ini.

Menurut informasi yang saya baca di sini, Cukup dengan Rp. 25.000,- anda sudah bisa menikmati fasilitas kolam dengan type Kiddies Pool dan Olympic Pool, fasilitas tambahan lainnya adalah sliders atau perosotan berwarna-warni, Ember tumpah dengan ukuran kecil dan besar siap menyiram pengunjung yang berada di kolam di bawahnya. (Baca : Sisi Lain Maros Waterboom)

Wisata Jagung

Jika anda pencinta makanan jagung rebus atau jagung bakar, maka tidak diragukan lagi, desa samangki adalah tempatnya. Setelah lelah menelusuri kawasan bislab dan bermain air sepuasnya di Maros Waterboom, maka saatnya anda menikmati lezatnya jagung rebus dan bakar, asli produksi masyarakat setempat, yang banyak dijajankan sepanjang jalan utama.

Nah jika anda berniat untuk menghabiskan akhir tahun anda, Desa Wisata Samangki adalah alternatif yang sangat tepat buat anda. Warga Maros yang terkenal dengan keramahannya senantiasa siap menyambut kedatangan anda, dan  jika anda membutuhkan guide anda bisa menghubungi kawan-kawan di Komunitas Blogger Maros.

Semoga bermanfaat, #Maros Lebih Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 21 December 2011 by in ARTIKEL, Diary and tagged .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: