GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Niat Baik Pa' Camat


Gizimu[dot]com | Hari Senin kemarin, tepatnya tanggal 30 Januari 2012, saya mengurus perizinan dalam rangka penelitian saya, di salah satu kantor Kecamatan di Kabupaten Maros. Perbincangan hangat dengan pa’ Camat pun berlangsung, mulai dari kondisi Maros terkini sampai kepada topik penelitian saya.

Pa’ Camat mulai bertanya kepada saya, beliau mengatakan, “…..saya punya anak 2 orang, anak pertama saya kasi ASI karena saat itu lagi krisis moneter dan harga susu botol sangat mahal, selanjutnya anak kedua saya di kasi susu botol, lalu kenapa anak kedua saya jauh lebih gemuk dibanding dengan anak pertama saya, padahal anak pertama minum ASI….”

Lalu saya menjelasakan bahwa jika anak mengonsumsi ASI secara optimal maka efeknya adalah berat badannya cenderung NORMAL, karena ASI dikonsumsi sesuia dengan kebuthannya, tidak lebih dan tidak kurang. Sedangkan anak yang mengonsumsi susu formula cenderung gemuk dan memliki berat badan lebih besar karena ia mengonsumsi makanan lebih banyak dari kebutuhannya.

Pembicaraan dilanjutkan ke topik bagaimana staf kecamatan bisa tetap memberikan ASI ke anak mereka. Saya jelaskan bahwa saat ini sudah ada PERDA no. 60 Tahun 2010 (kalau tidak salah) tentang ASI eksklusif yang dikeluarkan oleh Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan yang mengatur bahwa setiap kantor, pabrik dan ruang publik wajib menyiapkan ruang laktasi buat staf, karyawan dan pengunjung mereka.

Nah ternyata Pa’ Camat belum mengetahui keberadaan PERDA ini, dan beliau sangat bersememangat untuk menyediakan sebuah ruangan di kantornya bagi ibu-ibu staf atau masyarakat yang datang di kantornya yang ingin menunaikan kewajiban mereka terhadap anaknya (memberikan ASI) dan dengan tangan terbuka saya menawarkan bantuan untuk membantu pa’ Camat merealisasikan niat baiknya itu.

Saudaraku, semoga niat baik Pa’ Camat bisa terwujud secepatnya dan dapat diikuti oleh kantor-kantor pemerintahan lainnya di Kabuapaten Maros. #SalamASI

Leave a Reply

Information

This entry was posted on 2 February 2012 by in ARTIKEL, Diary and tagged .

LINK KE SIGIZI

