GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Dattulu itu Stunting alias Pendek


Gizimu[dot]com | Sudah sepekan saya keluar masuk kampung melakukan sampling dalam rangka penelitian saya, ada beberapa hal menarik yang kami temukan dan melalui tulisan singkat ini saya ingin berbagi dengan anda.

Banyak ibu yang menjawab secara spontan ketika kami tanya umur anaknya dengan jawaban “……besarmi ini anakku, tapi dattulu’ ki’….” (anak saya sudah besar, tapi ia kelihatan pendek). Dattulu, merupakan salah satu istilah dalam bahasa bugis-makassar yang menggambarkan kondisi seseorang yang memiliki tinggi badan yang lebih pendek dari seharusnya, dalam ilmu gizi kondisi ini biasa disebut dengan istilah “Stunting”.

Sorang penggiat gizi tidak bisa serta merta menetapkan seorang anak mengalami stunting hanya dengan menggunakan pandangan mata semata, ia harus melakukan serangkaian pengukuran antropometri seperti tinggi badan, membandingkan dengan umur anak lalu menghitung dengan rumus tertentu sehinggal diperoleh hasil bahwa anak tersebut betul-betul mengalami stunting.

Pertanyaannya kemudian, mengapa ibu-ibu yang kami temui di lapangan dengan percaya diri mengatakan bahwa anak mereka Dattulu atau Stunting, tanpa melakukan pengukuran antropometri?. Ketika kami iseng menanyakan alasannya, ternyata metode yang ia gunakan cukup sederhana, salah satunya ialah membandingkan tinggi badan anaknya dengan anak tetangga atau keluarga mereka. Sunggguh kami tidak puas dengan jawaban itu, tapi sayang karena keterbatasan waktu yang kami miliki, kami tidak sempat mengeksplore lebih jauh alasan-alasan lain yang lebih mendasar yang digunakan oleh si ibu.

Saudaraku, jika anda berminat mengeksplore fenomena ini lebih jauh kami siap memfasilitasi anda. Semoga bermanfaat, #Salam Gizi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 5 February 2012 by in ARTIKEL, Diary and tagged .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: