GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Berbuatlah Jangan Menunggu


Gizimu[dot]com | Saudaraku, pada tulisan sebelumnya saya menyatakan bahwa kita tidak harus menunggu semua warga negara Indonesia menjadi kaya terlebih dahulu atau masyarakat menjadi orang-orang pintar terlebih dahulu untuk mengatasi masalah gizi. Ada banyak hal-hal kecil yang bisa kita lakukan dan Insya Allah akan memberikan dampak yang luar biasa, salah satunya adalah apa yang dilakukan oleh kawan-kawan di Kelas Belajar Oky.

 KELAS BELAJAR OKY

Kelas Belajar OKY (KBO) merupakan salah satu gerakan sosial kemasyarakatan yang berbasis pada pendidikan gizi dan kesehatan sejak dini. Anak dari berbagai macam usia diperkenalkan dengan konsep dasar ilmu gizi dan kesehatan dengan pendekatan yang sederhana, murah dan sesuai kondisi anak. Kegiatan ini bersifat gratis dan biaya operasional hanya mengandalkan uang saku dari tim KBO, tapi jangan anda mengira mereka adalah orang-orang berduit, mereka tidak lebih kaya dari anda, mereka hanya bermodalkan semangat dan keinginan untuk melihat anak-anak yang kurang mampu bisa berdaya guna dan berdaya saing, tidak selalu menjadi beban orang lain.

HARI GIZI NASIONAL VERSI KBO

Pada hari Sabtu dan Ahad, Tanggal 21 & 22 Januari 2012, saya berkesempatan terlibat dalam kegiatan yang dilakukan oleh tim KBO, dan secara tidak sengaja juga bertemu dengan kawan-kawan mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Jakarta II. KBO mendedikasikan dua hari tersebut untuk memeriahkan Hari Gizi Nasional tahun 2012. Seperti biasa, kegiatan tersebut dilaksanakan di delapan titik binaan KBO.

Mula-mula, anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan umur, lalu tim relawan membagikan beberapa gambar hitam putih untuk diwarnai, ada banyak macam model gambar, mulai dari gambar-gambar makanan pokok, lauk nabati, lauk hewani, sayuran dan buah-buahan. Setelah gambar selesai, hasil kerja anak-anak hebat itu dikumpulkan lalu diberi nilai oleh tim relawan KBO.

Kegiatan selanjutnya adalah penyajian materi gizi dan kesehatan, setiap tim menyajikan materi sesuai dengan kelompok umur yang dihadapinya, misalanya anak-anak umur TK diberi cerita bergambar, mereka yang kelas 1-6 sekolah dasar diberi materi tentang cara makan yang baik, dan materi-materi pendukung lainnya.

Selanjutnya adalah makan bersama, setiap anak diminta untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun, lalu makanan pun dibagikan. Nasi dibawa oleh anak dari rumah mereka masing-masing, sedangkan tim KBO hanya menyediakan lauk berupa sayur, telur rebus dan tempe goreng. Acara makan dibuka dan ditutup dengan do’a makan dan do’a selesai makan yang dibawakan oleh salah seorang peserta didik, dan acara ditutup dengan kegiatan salaman dan ucapan terima kasih dari anak-anak kepada tim relawan.

BAGAIMANA DENGAN ANDA?

Lalu pertanyaannya adalah apa yang bisa anda lakukan?, apa yang bisa anda perbuat untuk bangsa ini?, apa yang menghalangi anda untuk tidak segera berbuat sesuatu yang bermanfaat?. KBO bisa menjadi sebuah inspirasi bagi anda untuk segera berbuat dan berkarya untuk bangsa, sekecil apapun itu Insya Allah akan bermanfaat.

Salam Gizi, Salam Anak Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 9 February 2012 by in ARTIKEL, Diary and tagged .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: