GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Penerapan Penilaian Status Gizi


Gizimu[dot]com | Pada tulisan sebelumnya kami sudah menjelaskan tentang pengertian penilaian status gizi (baca disini), pada bagian ini kami akan berbagi informasi dengan anda tentang penerapan penilaian status gizi pada berbagai macam setting.

Penilaian status gizi dapat berdiri sendiri atau menjadi bagian dari sebuah survey, surveilance, skreening atau sebuah intervensi gizi. Berikut kami akan menjelaskan pengertian dan posisi penilaian status gizi pada setiap setting/kegiatan tersebut.

SURVEI GIZI

Berdasarkan Medical Conditions Dictionary, survei gizi didefenisikan sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan secara sistematik dalam mengumpulkan status gizi sebuah populasi dalam sebuah wilayah tertentu.

Data yang dikumpulkan pada survei gizi biasanya hanya satu kali yang bertujuan untuk menetapkan data dasar atau mengetahui status gizi sebuah populasi secara keseluruhan. Survei gizi mampu mengidentifikasi masalah gizi kronis pada sebuah wilayah dan atau sub-populasi yang berisiko.

SURVEILANCE GIZI

Surveillance gizi dapat didefenisikan sebagai proses monitoring status kesehatan, status gizi, perilaku makan dan pengetahuan gizi pada sebuah populasi, yang bertujuan untuk perencanaan dan evaluasi sebuah kebijakan gizi  (Dictionary of Food and Nutrition)

Konsep dasar dalam surveilance gizi ialah, data dikumpulkan secara terus menerus yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan memonnitor status gizi pada kelompok populasi yang terpilih. Data dikumpulkan, dianalisis dan digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Surveilance gizi, mampu mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah gizi kronis dan akut sekaligus, oleh karena itu, data yang dihasilkan dapat digunakan untuk merumuskan dan menginisiasi program intervensi gizi pada sebuah populasi atau sub-populasi. Pada sisi lain, surveilance gizi juga bisa mengukur efektifitas dan efikasi sebuah program intevensi gizi serta memonitor efek dari sebuah kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan program gizi. Monitoring dalam surveilance gizi ditujukan bagi kelompok yang memiliki risiko tinggi mengalami masalah gizi, seperti ibu hami, bayi, balita dan lansia.

SKREENING GIZI

Skreening gizi dapat didefenisikan sebagai proses identifikasi karakteristik sebuah individu yang diketahui berhubungan dengan masalah gizi. Pada kegiatan ini, data dikumpulkan dengan menggunakan alat yang mudah dan praktis yang dapat digunakan dengan cepat dalam skala yang besar. Skreening gizi, bisa juga digunakan untuk mengidentifikasi masalah gizi pada sebuah individu yang membutuhkan intervensi gizi.

INTERVENSI GIZI

Secara umum, intervensi gizi difahami sebagai sebuah pilihan perlakuan yang dapat digunakan bersama-sama dengan sebuah terapi terhadap beberapa penyakit, seperti downs syrndrome, masalah makan, diabetes, dll. Intervensi gizi dapat juga didefenisikan sebagai perlakuan terhadap individu atau populasi berdasarkan penilaian status gizi.

Apapun aktifitasnya, apakah survei gizi, surveillance gizi, skreening gizi dan atau intervensi gizi, paling tidak harus melibatkan penilaian status gizi di dalamnya, apakah ia menjadi tujuan utama atau pendukung.

Demikian yang dapat kami bagi dengan anda, semoga infomasi ini bermanfaat, Salam gizi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 9 February 2012 by in ARTIKEL, Gizi Daur and tagged .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: