GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Arti Kata Butta Salewangang


Gizimu[dot]com | tulisan berikut mencoba untuk meramaikan konten lokal khas Kab. Maros di dunia maya, khususnya bagi mereka yang ingin mengenal Kab. Maros lebih dekat. Kalau Kab. Jeneponto di kenal dengan istilah “Turatea”, Kab. Tator dikenal dengan sebutan “Bumi Lakkipadada”, Enrekang dikenal dengan sebutan “Massarempulu”, maka Kab. maros dikenal dengan istilah “Butta Salewangang”, lalu apa sebenarnya arti kata butta salewangang itu?

Arti Kata Butta Salewangang

Arti Kata Butta Salewangang berasal dari dua suku kata yaitu butta dan salewangang, kedua kata tersebut merupakan suku kata bahasa Makassar, saya tidak mau mempersoalkan alasan mengapa memilih bahasa Makassar dan bukan Bugis, biarlah itu menjadi sebuah dinamika dalam masyarakat Kab. Maros.

Butta berarti tanah dan salewangang berartiĀ lapang, subut, aman, tenang (kata uak sena, heheheh…), meskipun saya bukan ahli di bidang linguistik, tapi saya memahami bahwa salewangang itu memiliki arti Sehat, Seimbang dan Sejahtera, sehingga Arti Kata Butta Salewangang ialah bumi/tanah yang Sehat, Seimbang dan Sejahtera.

Butta Salewangang itu Bumi yang Sehat

Kata sehat memiliki arti yang luas, tidak hanya berkontasi dengan istilah medis, akan tetapi dapat diartikan sebagai bumi yang subur. Hal tersebut telah terbukti dengan kontur tanah dan ekosistem yang dimiliki oleh Kab. Maros, apapun bisa ditanam dan tumbuh dengan baik di bumi Butta Salewangang.

Butta Salewangang itu Bumi yang Seimbang

Seimbang dalam arti seluas-luasnya, seimbang dalam berperilaku, berfikir dan bersikap.Sikap ini tidak hanya tercermin dalam aktifitas masyarakatnya akan tetapi juga terhadap Pemerintah daerah dan pengambil kebijakan lainnya di butta salewangang.

 

Butta Salewangang itu Bumi yang Sejahtera

Kesejahteraan ini merupakan produk akhir dari bumi yang sehat dan seimbang, kesejahteraan tidak hanya dinilai semata-mata berdasarkan kaca mata finansial saja, akan tetapi kesejahteraan bathiniyah juga tercantum di dalamnya. Sebuah harapan yang besar bahwa masyarakat yang hidup di butta salewangang akann mencapai kesejahteraan yang paripurna, Insya Allah.

Nah saudaraku, sudah pahamka engkau tentang Arti Kata Butta Salewangang?, semoga bermanfaat, Salam Gizi.

lapang, subut, aman, tenang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 19 February 2012 by in ARTIKEL, Diary and tagged .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: