GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Nutriclin Versi 2.0


Gizimu[dot]com | Nutriclin merupakan salah satu software komputer yang dikembangkan oleh Ditjen Gizi Klinis Kemenkes RI. Hingga saat ini Nutriclin sudah memiliki versi ke-3, akan tetapi versi yang terakhir ini (ketiga) belum di publish secara luas karena masih memerlukan beberapa pembenahan, tulisan berikut akan mengulas tentang software Nutriclin versi 2.0.

Pengertian Nutriclin versi 2.0

Nutriclin versi 2.0, merupakan salah satu software komputer yang berfungsi untuk membantu ahli gizi mengolah dan menganalisis data sebuah konsultasi gizi. Nutriclin versi 2.0 memiliki 2 (dua) fasilitas utama yang terdiri atas Fasilitas untuk kegiatan PAMERAN dan kebutuhan konsultasi klinik.

Nutriclin versi 2.0 untuk Pameran

Kehadiran fasilitas pameran pada Nutriclin versi 2.0 sangat membantu ahli gizi yang memiliki ruang konsultasi gizi pada sebuah event pameran. Menu pameran pada Nutriclin versi 2.0 cukup simpel akan tetapi memberi informasi yang sangat kaya. Ahli gizi cukup menginput data tanggal lahir, berat badan dan tinggi badan, maka secara otomatis software akan mengolah dan menganalisis data tersebut dan menghasilkan output seperti Berat Badan ideal, berat badan minimum, berat badan maksimum, BMI, serta kebutuhan zat gizi klien, disamping itu, print-out fasilitas pameran juga hanya 1 (satu) lembar sehingga sangat murah, mudah dan praktis.

Nutriclin versi 2.0 untuk Klinik

Berbeda dengan fasilitas pameran, untuk klinik, jauh lebih kompleks, karena anda tidak hanya dituntut untuk mengentry data umur dan antropometry (berat badan, tinggi badan, lingkar lengan atas, lingkar perut, dll), akan tetapi juga data asupan makanan sehari sebelumnya serta data laboratorium si pasien.

Kelebihan dari fasilitas ini, anda tidak perlu repot menganalisis asupan makanan pasien dan mendesain diet yang tepat, karena Nutriclin versi 2.0 sudah menyediakan semua pasilitas tersebut, anda cukup memilih jenis diit yang anda ingin gunakan.

Akan tetapi bagi pasien yang membutuhkan diit yang beragam (lebih dari 2 jenis diit seperti DM+RG), maka sepertinya Nutriclin versi 2.0 masih membutuhkan pengembangan yang lebih baik. Kekurangan yang lain ialah anda TIDAK BISA menggunakan Nutriclin versi 2.0 pada WINDOWS-7 dan Vista, Nutriclin versi 2.0 hanya bekerja pada WINDOWS XP.

Jika anda membutuhkan software Nutriclin versi 2.0, silahkan download pada Link berikut :

  1. Software Nutriclin versi 2.0 (akan kami upload segera)
  2. Manual Nutriclin versi 2.0 (akan kami upload segera)

Semoga bermanfaat, salam Gizi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 27 February 2012 by in ARTIKEL, Diary, Nutriclin and tagged .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: