GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Oleh-Oleh Makassar


Gizimu[dot]com | Apa yang terlintas di pikiran anda ketika mendengar kata oleh-oleh Makassar?, sarung sabbe’ (sarung sutra), baju kaos, kacang telur, kacipo’, kacang sembuji, otak-otak atau mungkin jenis makanan dan atau barang lainnya. Bagi anda yang sering bepergian ke Kota Makassar dan sekitarnya, mungkin sudah memiliki referensi oleh-oleh Makassar buat sanak keluarga dan sahabat, akan tetapi, bagi anda yang baru pertama kali datang ke Kota Makassar dan sekitarnya, tentu saja membutuhkan referensi untuk memilih jenis oleh-oleh Makassar yang original. Saudaraku, tulisan berikut akan menguraikan 3 (tiga) macam oleh-oleh Makassar, yang sangat tepat dijadikan sebagai buah tangan untuk orang-orang yang anda cintai.

Putu Kacang

 

Putu kacang merupakan salah satu kue tradisonal khas bugis-makassar, bahan utama kue ini adalah tepung kacang hijau dan gula pasir. Putu kacang tidak membutuhkan pengawet tambahan karena proporsi gula pasir dalam kue tersebut sudah lebih dari cukup sebagai pengawet alamiah. Putu kacang tidak melalui proses pemasakan, campuran tepung kacang hijau, gula pasir halus dan bahan-bahan lainnya di aduk rata lalu di press pada cetakan khusus dan selanjutnya di jemur di sinar matahari.

Putu kacang sangat tepat dikonsumsi saat jedah atau rehat dari aktifitas sehari-hari, kandungan protein dan kalorinya yang tinggi dapat mengembalikan dengan cepat tenaga yang terkuras, hal tersebut disebabkan karena kalori dan protein dalam putu kacang sangat mudah diserap oleh tubuh dan ditransfer menjadi tenaga baru, apalagi ditemani dengan secangkir teh atau kopi hangat, maka menjadikan suasana pagi, sore atau malam hari anda menjadi berbeda, untuk membaca lebih jauh tentang nilai gizi kue putu kacang silahkan baca di sini : kandungan gizi putu kacang.

Akan tetapi bagi anda yang menderita penyakit kencing manis atau diabetes serta asam urat, sebaiknya membantasi makanan ini, mengapa?, kandungan glukosa yang mudah diserap pada putu kacang cukup tinggi. Sedangkan bagi anda penderita asam urat, kandungan protein pada kue ini dapat meyebabkan sedikit masalah buat anda. Akan tetapi, menurut saya, 2 atau 3 potong putu kacang sepertinya tidak akan menyebabkan masalah apapun meskipun anda menderita kedua penyakit tersebut di atas.

Baruasa

 

Oleh-oleh Makassar yang satu ini umumnya tebuat dari tepung terigu dan gula merah, akan tetapi biasanya beberapa resep menganti gula merah dengan gula pasir. Warna baruasa sangat tergantung dari jenis gula yang digunakan, jika menggunakan gula pasir, tentu saja hasil akhirnya berwarna putih, begitu pula jika menggunakan gula merah, maka baruasa yang dihasilkan berwarna kecoklatan. Baruasa diolah dengan cara pengovenan sehingga ia memiliki cita rasa yang khas.

Baruasa merupakan salah satu oleh-oleh Makassar yang bernilai gizi tinggi, khususnya kandungan kalorinya, meskipun demikian kue ini juga masih memiliki kandungan protein karena pada beberapa resep biasanya menggunakan 3-4 butir kuning telur ayam.

Teksturnya yang cukup keras, baruasa sangat nikmat disajikan dengan teh atau kopi hangat, menikmati baruasa tidak mengenal waktu dan jarak, dimana pun, kapan pun dan siapa pun bisa menikmati oleh-oleh Makassar yang satu ini.

 

Kripik Wijen

 

Saya tidak terlalu familiar dengan oleh-oleh Makassar yang satu ini, terang saja, karena menurut salah satu sumber, kue ini banyak di produksi pada wilayah pesisir Kab. Maros. Bentuknya yang tipis, melingkar, tekstur yang renyah serta aroma wijen yang khas, menampilkan ciri khas yang berbeda dengan oleh-oleh khas Makassar lainnya.

Saya belum menemukan resep kripik wijen khas Bugis-Makassar sehingga saya tidak bisa bercerita banyak tentang kandungan gizi yang dimiliki produk yang satu ini, yang pasti bahwa manfaat dari wijen yang menjadi ciri khas dari kripik ini tidak bias diabaikan begitu saja.

Wijen memiliki kandungan protein, Vitamin B dan kalsium yang cukup banyak, bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa kandungan kalsium biji wijen (100 mg) jauh lebih banyak dari 2 gelas susu sapi. Disamping itu kualitas protein dari wijen juga sangat baik, maka tidak heran jika banyak orang yang menggunakan biji wijen sebagai salah satu bagian dari proses pengobatan tradisional. Ketika wijen dijadikan sebagai kripik, tentu saja akan memberikan sensasi dan manfaat yang lebih banyak bagi anda yang menikmatinya.

Dimana bisa menemukan oleh-oleh Makassar?

 

Saudaraku, oleh-oleh Makassar tidak hanya kaya akan rasa, warna, tekstur dan aroma, tetapi juga kaya akan kandungan gizi yang berkualitas, sehingga menikmati dan mempersembahkan oleh-oleh Makassar buat orang-orang yang anda cintai merupakan pilihan yang tepat dan bijak.

Salah satu produsen oleh-oleh Bugis-Makassar di Sulawesi Selatan ialah Panorama Food. Panorama Food Memproduksi kue tradisional Bugis Makassar yang diolah dari bahan baku pilihan dengan resep asli tradisional tanpa bahan pengawet. Tersedia dalam kemasan Dos dan Toples, dengan tidak meninggalkan kesan corak budaya Bugis Makassar. Cocok untuk oleh-oleh atau buah tangan buat keluarga dan teman-teman. Hubungi : (0411) 248 7603 Hp. 085 255 924 999.

Semoga bermanfaat, Salam Gizi

11 comments on “Oleh-Oleh Makassar

  1. Paru-paru
    27 March 2012

    yg Baruasa agak asing ditelingan, mirip uli ya tpi mgkin lbh pdat.

  2. Abdhi Griffindors
    27 March 2012

    Hemmm Postingannya mo saya kanda…hehehehe…juara mi itu !!!hihhihi

    • manjilala
      27 March 2012

      ini bukan soal juara dinda, tapi soal bagaimana kita berkontribusi buat Maros, khsusunya di dunia maya heheheh…….

  3. Cinta dan Nafsu
    27 March 2012

    hmmmm, nyam nyam nyam.. jd ngiler ane..

    salam kenal gan, berkunjung dan berkomentar juga ya di blog ane…

    • manjilala
      27 March 2012

      oke dech gan, entar ta’ mampir ya🙂

  4. ambs
    28 March 2012

    yah …memang banyak varian oleh oleh khas dari makassar…….
    kami akan dan semoga kami juga bisaikut mempromosikan dan merupakan kekayaan salah satu aset pariwisata kuliner di makassar…..

  5. han
    28 March 2012

    mau dong oleh leh nya dimari

  6. IHSYAH
    30 March 2012

    mampir bertamu, siapa tau dapat putu kacang🙂

  7. muhammad husain
    8 April 2012

    Ass,
    numpang ya pak, saya mau promosikan oleh2 khas makassar yg baru saya produksi, yaitu abon ikan bandeng, semua kita tahu gizi ikan sangat baik untuk anak dan dewasa,
    Abon ikan bandeng buatan kamu dibuat dari bandeng segar, di tambah bumbu khas makassar, yg menjadikan rasanya sangat lezat utk dinikmati, baik juga sebagai oleh2 khas bagi pendatang dari luar daerah.
    Saat ini abon ikan bandeng produksi kami bisa didap[atkan di rumah makan BU DIAN, Jl. Lanto Dg Paswang, terusan Polres Maros menuju Terminal, atau langsung ke kami di hp 08124182204/04115077893
    Trima kasih ya pak atas tumpangannya
    Salam
    Abon Bandeng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 27 March 2012 by in ARTIKEL, Diary, Food and tagged .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: