GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Konsep Dasar Gizi Seimbang


Gizimu[dot]com | Istilah gizi seimbang bukan hal baru baru bagi sebagian besar penggiat gizi, akan tetapi bagi orang awam mungkin menjadi sebuah istilah asing bagi mereka. Gizi seimbang belum sepopuler dengan pendahulunya yaitu istilah 4 sehat 5 sempurna. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya ialah sebagian besar petugas kesehatan masih mengalami kesulitan mendefenisikan konsep dasar gizi seimbang dalam bahasa operasional. Oleh karena itu, tulisan ini kami sajikan buat penggiat gizi, yang bertujuan untuk memahami secara sederhana konsep dasar gizi seimbang berdasarkan perfektif saya.

Memahami Konsep Dasar Gizi Seimbang

 

Gizi seimbang dapat diartikan sebagai pemenuhan kebutuhan gizi individu atau kelompok berdasarkan kebutuhannya. Kebutuhan zat gizi setiap individu sangat bervariasi, sehingga dapat dikatakan  bahwa konsep dasar gizi seimbang  lebih bersifat personal daripada bersifat universal, atau dengan kata lain anda tidak bisa merumuskan sebuah konsep gizi seimbang yang berlaku untuk semua individu atau kelompok orang.

Anak sekolah dasar, tentu saja memiliki kebutuhan yang berbeda dengan anak sekolah menengah pertama. Begitupula dengan pekerja kantoran tentu saja memiliki kebutuhan yang berbeda dengan ibu rumah tangga, bahkan sesama anak sekolah dasar pun kurang tepat jika anda menggunakan kebutuhan yang sama. Lalu apa yang menjadi faktor penentu untuk menentukan kebutuhan individu atau kelompok?

Secara garis besar terdapat 4 (empat) komponen yang perlu diperhatikan untuk menentukan kebutuhan seseorang, meskipun beberapa literatur menguraikan lebih dari 4, akan tetapi ke-4 komponen tersebut merupakan komponen utama, yaitu :

  1. Umur
  2. Jenis kelamin
  3. Jenis aktifitas fisik
  4. Faktor stress.

Kebutuhan gizi seorang individu harus mempertimbangkan ke-4 komponen di atas, khususnya aktifitas fisik, semakin berat aktifitas fisik seseorang, maka semakin banyak zat gizi yang dibutuhkan, begitu pula sebaliknya. Akan tetapi khusus untuk anak berumur 0-6 bulan, maka gizi seimbang bagi mereka adalah ASI (air susu ibu) tanpa tambahan makanan atau minuman apapun kecuali obat saat ia sakit.

Kesimpulan

 

Sebagai pedoman umum anda bisa saja membuat konsep dasar gizi seimbang  berdasarkan kelompok umur, misalnya gizi seimbang untuk anak umur 6-8 bulan, gizi seimbang anak umur 8-12 bulan, gizi seimbang anak umur 1-5 tahun dan seterusnya. Akan tetapi pada pedoman tersebut tetap harus mencantumkan kebutuhan setiap  individu dalam kondisi beraktifitas ringan, sedang dan berat.

Semoga bermanfaat, salam Gizi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 29 March 2012 by in ARTIKEL, Diary and tagged , .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: