GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

Obesitas pada Etnis Bugis, Kajian Sosiologi Kesehatan


Gizimu[dot]com | Apa yang terlintas dipikiran anda saat mendengar istilah obesitas?, gemuk, simbol kesejahteraan atau mungkin sumber segala macam penyakit. Jika anda mengatakan bahwa obesitas merupakan simbol kesejahteraan, atau mungkin anda menyatakan bahwa obesitas merupakan sumber segala macam penyakit. Apapun pemahaman anda, semua bisa dibenarkan, karena menurut Hikmawati Mas’ud, dalam disertasinya yang berjudul Kajian Sosiologi Kesehatan tentang Obesitas pada Etnis Bugis, Study Kasus obesitas di Kabupaten Barru, menyatakan bahwa sosiologi kesehatan memandang obesitas berdasarkan 2 (dua) aspek, yaitu aspek etnisitas dan aspek kesehatan, kedua aspek tersebut saling bertolak belakang, aspek etnisitas memandang positive sedangkan aspek kesehatan lebih ke arah negatif.

Aspek etnisitas menyatakan bahwa obesitas lebih menggambarkan kondisi kesejahteraan seseorang, kesejahteraan dalam pengertian kebahagian hidup dan pemenuhan standar fisik ideal (body image), atau dengan kata lain etnisitas fokus terhadap dimensi psikososial, sosiokultural dan sosioekonomi. Sedangkan dalam dimensi kesehatan, obesitas digambarkan sebagai simbol penyakit, kelebihan gizi, pola makan abnormal serta beban sosial, atau dengan kata lain,  aspek kesehatan fokus terhadap dimensi biokultural.

Lebih lanjut, Hikmawati menguraikan bahwa konsep sosiologi kesehatan terhadap obesitas, seharusnya mengintegrasikan antara dimensi sosiokultur dan biokultur dengan penekanan pada aspek budaya makan, interaksi sosial, pendefenisian dan pencitraan tubuh (body mage), proses biologi, perilaku sehat dan sakit.

Pesan moralnya adalah tubuh boleh gemuk, berisi, dan tampak segar, akan tetapi melakukan kontrol kesehatan secara rutin juga dibutuhkan, so obesitas itu sejahtera atau sumber penyakit?

Semoga bermanfaat, salam gizi

Sumber : Hikmawati Mas’ud (2012), Kajian Sosiologi Kesehatan tentang Obesitas pada Etnis Bugis, Study Kasus Obesitas di Kabupaten Barru. Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

One comment on “Obesitas pada Etnis Bugis, Kajian Sosiologi Kesehatan

  1. tricajus murah
    20 April 2012

    kalo mnrut ane sih sumber penyakit.. kalo sejahtera belum tentu, banyak juga yg obesitas hidupnya pas-pasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 11 April 2012 by in ARTIKEL, Diary and tagged .

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: