GIZIMU

Penelusuran Referensi Pangan dan Gizi

KADARZI versus GERNAS Sadar Gizi


Pada awal tahun 2012, pemerintah mulai mengkampanyekan sebuah program baru yang diberi nama Gerakan Nasional Sadar Gizi atau disingkat dengan istilah GERNAS Sadar Gizi. Gerakan ini sesungguhnya adalah penguatan dari program sebelumnya yang bernama Keluarga Sadar Gizi yang biasa disingkat dengan KADARZI.

Munculnya program GERNAS Sadar Gizi ini bukan tanpa tanya, banyak penggiat gizi yang mempertanyakan apa kabar program sebelumnya?, sudah berapa banyak keluarga di Indonesia menyandang predikat Sadar Gizi?, lalu apa yang unik dari program baru ini?. Berangkat dari keresahan itu, saya mencoba untuk berbagi info dengan anda tentang apa yang membedakan kedua program tersebut.

Pada tulisan sebelumnya kami sudah menguraikan 5 (lima) indikator untuk menilai apakah sebuah keluarga memiliki perilaku sadar gizi atau belum (baca di sini). Lalu informasi apa yang baru pada program GERNAS Sadar Gizi?.

Terdapat 3 (tiga) pesan utama dalam GERNAS Sadar Gizi, yaitu :

  1. Perilaku pola konsumsi makanan
  2. Pola asuh
  3. Aktivitas fisik

Program sebelumnya (KADARZI) lebih fokus pada issu ibu hamil, ibu menyusui dan balita, sedangkan pada GERNAS Sadar Gizi terdapat penambahan issu yaitu anak sekolah, remaja, lansia, masyarakat umum, ibu hamil, ibu menyusui dan balita.

Penambahan issu tersebut (anak sekolah, remaja, lansia, masyarakat umum) sebenarnya sedikit aga’ aneh menurut saya, karena berdasarkan tagline program GERNAS Sadar Gizi yaitu SERIBU HARI UNTUK NEGERI, yang berarti fokus terhadap 1000 hari pertama kehidupan anak, atau mulai anak dalam kandungan sampai anak berumur 2 tahun, maka penambahan issu tersebut menjadi tidak relevan.

Semoga penambahan issu tersebut bukan sebuah titipan, karena sudah terlalu banyak program yang di implementasikan di negeri ini sarat dengan titipan dari dunia industri, yang pada akhirnya hanya bersifat project oriented dan lagi-lagi masyarakatlah yang menjadi kelinci percobaan, semoga tidak benar adanya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 4 June 2012 by in ARTIKEL, Diary and tagged .

Navigation

LINK KE SIGIZI

%d bloggers like this: